Advertisement

Kementerian Perdagangan Temukan Perusahaan Tak Distribusikan Minyakita

Rahmad Fauzan
Rabu, 08 Februari 2023 - 08:27 WIB
Budi Cahyana
Kementerian Perdagangan Temukan Perusahaan Tak Distribusikan Minyakita Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan memantau harga-harga bahan pokok - JIBI/Bisnis.com/Indra Gunawan

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Sekitar 515 ton stok Minyakita yang diproduksi pada Desember 2022 di PT Bina Karya Prima (BKP) di Marunda, Jakarta Utara tidak didistribusikan di tengah kelangkaan produk tersebut.

Stok tersebut ditemukan rombongan Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Satuan Tugas (Satgas) Pangan Polri pada saat inspeksi mendadak (sidak) terhadap ketersediaan produk minyak goreng merek di perusahaan itu, Selasa (7/2/2023).

Advertisement

“Perusahaan ini mengaku tidak  mendistribusikannya karena belum mendapatkan Domestic Market Obligation (DMO),” kata Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan melalui keterangan resmi.

Zulkifli mengingatkan produsen dan pedagang Minyakita untuk menaati peraturan perundang-undangan terkait dengan tata kelola program minyak goreng rakyat yang diatur dalam Permendag No. 49/2022.

PT BKP diminta segera mendistribusikan stok tersebut ke pasar dengan harga sesuai harga eceran tertinggi (HET) dan dipantau oleh Direktorat Jenderal (Ditjen) Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN) Kemendag.

PT BKP sebagai salah satu produsen terbesar Minyakita, sambungnya, diharapkan dapat mendistribusikan produk tersebut ke pasar sehingga tidak terjadi kelangkaan dan ketidaksesuaian harga dengan HET.

“Diutamakan ke pasar rakyat dulu, tidak ke ritel modern. Kami juga akan mengurangi distribusinya untuk ritel modern dan penjualan daring,” ujarnya.

Di sisi lain, pemerintah menambah pasokan  DMO  dengan harapan pasokan Minyakita kembali normal sesuai dengan HET sehingga terjangkau oleh masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement