Advertisement

Gempa Besar Guncang Turki, 500 Warga Negara Indonesia Terkena Dampaknya

Rinaldi Mohammad Azka
Senin, 06 Februari 2023 - 19:07 WIB
Budi Cahyana
Gempa Besar Guncang Turki, 500 Warga Negara Indonesia Terkena Dampaknya Bangunan ambruk akibat gempa 7,8 magnitudo di Turki, Senin (6/2/2023). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTAGempa besar dengan magnitudo 7,8 mengguncang Turki, Senin (6/2/2023). Kedutaan Besar Indonesia untuk Turki mencatatkan terdapat 500 orang warga negara Indonesia (WNI) yang terdampak gempa tersebut di 19 lokasi, tiga di antara mereka terluka.

Duta Besar Indonesia untuk Turki Lalu Muhamad Iqbal mengatakan korban hingga Senin siang waktu setempat di 19 lokasi gempa mencapai 912 orang meninggal dunia dan 5.385 orang luka berat.

Advertisement

"Sejauh ini dari sekitar 500 WNI di sekitar lokasi, tiga orang terluka dan sudah ditangani di rumah sakit terdekat," ungkapnya dalam keterangan resmi dari Ankara, Senin (6/2/2023).

KBRI terus mengaktifkan hotline perlindungan WNI. KBRI juga membuka link khusus permintaan bantuan bagi seluruh WNI di sekitar lokasi yang terdampak gempa.

BACA JUGA: Kronologi Munculnya Pulau Baru & Semburan Lumpur setelah Gempa Maluku

Hingga siang waktu setempat, pukul 13.24 WS, terjadi gempa susulan terbaru di daerah Elbistan, Kahramanmaras dengan kekuatan magnitino 7,6 (jarak 45 km dari lokasi pusat gempa sebelumnya).

Sebuah video amatir menunjukkan suasana Turki dini hari sebelum diterjang gempa. Kilatan cahaya muncul di langit sebelum aliran listrik padam dan gempa mulai dirasakan.

Video lain menunjukkan detik-detik robohnya gedung bertingkat yang tak bisa menahan gempuran gempa bumi dahsyat tersebut. Petugas dan warga juga tampak bahu membahu mengevakuasi korban yang tertimbun reruntuhan bangunan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Sastrawan Joko Pinurbo Wafat di Usia 61 tahun

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 10:10 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement