Advertisement

Ini Pesan Jokowi untuk Presiden Indonesia Selanjutnya

Akbar Evandio
Selasa, 10 Januari 2023 - 21:27 WIB
Budi Cahyana
Ini Pesan Jokowi untuk Presiden Indonesia Selanjutnya Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri saat memberikan nasi tumpeng kepada Presiden Joko Widodo dalam puncak Peringatan HUT Ke-50 PDIP di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Selasa (10/1/2023). - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Presiden Joko Widodo (Jokowi) menitipkan pesan untuk penerus dirinya sebagai Presiden Indonesia

Pesan itu disampaikannya saat menghadiri peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-50 PDIP di Hall-A JI-Expo Kemayoran, Jakarta Utara, Selasa (10/1/2023).

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Awalnya, kepala negara menceritakan bagaimana pesan dari Presiden RI Ke-1 yaitu Soekarno yang pada 1965 dalam pidatonya menolak ketergantungan pada imperialisme serta agar Indonesia memperluas kerja sama yang sederajat dan saling menguntungkan antara setiap Negara.

“Bung Karno menyampaikan supaya kita tidak didikte dan menggantungkan diri ke negara mana pun. Inilah yang ingin kita lakukan, berdikari. Oleh sebab itu, walaupun kita ditakut-takuti soal Freeport, soal nikel kalah di WTO, tetapi kita tetap terus, justru kita lanjut stop bauksit, pertengahan tahun mungkin tambah lagi stop tembaga,” katanya, Selasa (10/1/2023).

Mantan Wali Kota Solo ini menegaskan agar Presiden RI Ke-8 nanti dapat melanjutkan segala upaya yang telah dilakukan di pemerintahan Presiden-presiden sebelumnya.

“Kita tidak boleh mundur, kita tidak boleh takut karena kekayaan alam ada di Indonesia, kita ingin dinikmati oleh rakyat kita,” ujarnya.

Jokowi mengatakan bahwa saat pelaksanaan KTT Asean-Uni Eropa dirinya menyampaikan pesan dalam forum tersebut mengenai pesan dari proklamator Indonesia tersebut.

“Karena waktu itu yang menggugat Uni Eropa, jadi saat kita ada KTT ini kesempatan saya menyampaikan kemitraan itu harus setara dan tidak boleh ada pemaksaan tidak boleh ada negara mendikte dan tidak boleh negara-negara maju merasa standar mereka lebih bagus dari negara kita,” imbuhnya.

Jokowi kembali menegaskan agar siapa pun orang yang memenangkan kontestasi politik yaitu Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 dapat mengingat pesannya tersebut.

“Jadi, pesan ini kenapa ini terus saya ulang? Karena saya ingin presiden ke depan juga berani melanjutkannya. Tidak gampang, jangan ciut nyali, jangan gentar demi kepentingan bangsa demi kepentingan negara,” pungkas Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Ratusan Pasangan Usia Subur di Kota Jogja Ikuti KB Gratis

Jogja
| Kamis, 02 Februari 2023, 05:57 WIB

Advertisement

alt

Seru! Ini Detail Paket Wisata Pre-Tour & Post Tour yang Ditawarkan untuk Delegasi ATF 2023

Wisata
| Rabu, 01 Februari 2023, 14:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement