Advertisement

Berhasil Tingkatkan Keandalan Kelistrikan, PLN UIP JBTB Rampungkan 13 Pembangunan Infrastruktur Kelistrikan di Tahun 2022

Media Digital
Jum'at, 06 Januari 2023 - 15:57 WIB
Jumali
Berhasil Tingkatkan Keandalan Kelistrikan, PLN UIP JBTB Rampungkan 13 Pembangunan Infrastruktur Kelistrikan di Tahun 2022 Ilustrasi - PLN

Advertisement

SURABAYA—Upaya PLN dalam peningkatan keandalan kelistrikan senantiasa berdampak untuk masyarakat secara luas. PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Timur dan Bali (PLN UIP JBTB) berhasil rampungkan 13 pembangunan infrastruktur kelistrikan yang tersebar di Wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur dan Bali.

Sebanyak 13 Proyek Strategis Nasional (PSN) yang terdiri dari 9 jalur transmisi sepanjang 253,05 kms dan 4 Gardu Induk (GI) dengan total kapasitas 420 MVA, dengan nilai investasi total sebesar melebihi 957 Milyar rupiah selesai dibangun di akhir tahun 2022 dengan zero accident.

Advertisement

Selaras dengan peningkatan keandalan kelistrikan, dalam pengerjaan pembangunan, rata-rata nilai realisasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dalam tahun 2022 mencapai 60,78 %. Tingginya realisasi TKDN ini menunjukkan komitmen PLN dalam meningkatkan porsi industri lokal untuk berperan bersama dalam penyelesaian pembangunan infrastruktur kelistrikan yang akan memperkuat keandalan sistem kelistrikan di pulau Jawa dan Bali serta untuk meningkatkan perekonomian nasional. Di sisi lain, PLN UIP JBTB juga terus berupaya dalam pengamanan aset negara. Terbukti dalam tahun 2022 ini, PLN UIP JBTB bersinergi dengan BPN berhasil merampungkan penerbitan sertipikat mencapai 813 persil tanah.

Direktur Manajemen Proyek dan Energi Baru Terbarukan PLN, Wiluyo Kusdwiharto memberikan apresiasi atas keberhasilan PLN UIP JBTB yang mampu menyelesaikan 13 Proyek Strategis Nasional pada tahun 2022. "Tahun 2022 ditandai dengan peralihan pandemi menjadi endemi. Di masa peralihan ini tentunya bukan kondisi yang ideal dalam melaksanakan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan, tentunya terdapat kendala-kendala yang dihadapi, namun PLN UIP JBTB telah menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan keandalan sistem melalui selesainya pembangunan 13 PSN. Hal ini sesuai dengan budaya PLN dan semangat PLN dalam melayani negeri melalui perkuatan keandalan sistem kelistrikan", Ucap Wiluyo
General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Timur dan Bali, Muhammad Ramadhansyah, mengungkapkan keberhasilan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan tidak lepas dari sinergitas yang baik antara PLN dengan seluruh stakeholder terkait, dimana keberhasilan ini akan semakin memperkuat sistem kelistrikan di Pulau Jawa dan Bali yang tentunya akan sangat bermanfaat bagi masyarakat. Terbukti 13 PSN berhasil diselesaikan dengan tepat waktu dan zero accident yang tentunya diraih berkat kerjasama banyak pihak dan kedisiplinan dalam menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Selain itu PLN juga menunjukkan perhatiannya kepada masyarakat melalui Pemberian Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) yang dikenal dengan Program PLN Peduli, yang diberikan untuk membantu masyarakat di sekitar senilai 3,11 Milyar rupiah.

“Sinergitas tinggi antara PLN dan Stakeholder dengan memperhatikan dan membantu masyarakat di sekitar pembangunan yang dapat menggerakkan roda perekonomian, secara luas melalui kelistrikan dan juga melalui program PLN Peduli tentunya ini menunjukkan nilai dari transformasi PLN.”, tambahnya.


Adapun 13 Proyek Strategis Nasional yang berhasil diselesaikan selama tahun 2022 ini antara lain:

A. Gardu Induk
1.GI 150kV Ampel
2.GIS 150kV Gunungsari
3.GI 150 kV Sedati
4.GIS 150 kV Buduran
B. Transmisi
1.SUTT 150kV Ampel Incomer (Bawen-Klaten)
2.SKTT 150kV Buduran (AIS) - Buduran (GIS)
3.SKTT 150kV Sedati - Buduran (GIS)
4.SUTT 150 kV Gempol/ New Porong - Inc. (Gempol - TX.Sidoarjo)
5.SUTT 150kV Bangkalan - TX. Bangkalan
6.SUTT 150kV Jatigedong - Ngimbang
7.SUTT 150 kV Gunungsari incomer
8.SUTT 150 kV Pemecutan klod - Bandara
9.SUTT 150 kV Pesanggaran-Bandara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Harga Tiket KA Bandara YIA Hanya Rp20.000, Berikut Cara Memesannya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement