Advertisement

Dua Pelabuhan Ini akan Bantu Merak dan Bakauheni sampai Lebaran

Dany Saputra
Jum'at, 30 Desember 2022 - 00:07 WIB
Jumali
Dua Pelabuhan Ini akan Bantu Merak dan Bakauheni sampai Lebaran Deretan mobil baru di terminal mobil, di Pelabuhan Tanjung Priok. - JIBI/Nurul Hidayat

Advertisement

Harianjogja.com, BANDAR LAMPUNG—PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo menyiapkan Pelabuhan Ciwandan, di Cilegon, dan Pelabuhan Panjang, di Bandar Lampung, untuk bisa mendukung Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Bakauheni pada periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) hingga Lebaran.

BACA JUGA: Cuaca Buruk, Truk Tercebur ke Laut

Advertisement

Direktur Utama Pelindo Arif Suhartono mengatakan bahwa Pelabuhan Ciwandan dan Pelabuhan Panjang akan disiapkan untuk menyambut periode libur, seperti yang sudah dilakukan pada libur Idulfitri 2022.

"Ciwandan dan Panjang itu akan sama seperti waktu Idulfitri bahwa in case Bakauheni dan Merak memerlukan dukungan maka Ciwandan dan Panjang akan menjadi back up-nya. Terkait dengan kebutuhannya berapa ya disesuaikan saja," terang Arif melalui pesan singkat, Kamis (29/12/2022).

Arid mengatakan kedua pelabuhan tersebut berfungsi untuk melayani kargo atau barang, bukan penumpang. Namun, tegasnya, kedua pelabuhan itu akan siap untuk difungsikan sebagai pelabuhan penumpang apabila dibutuhkan.

Dia juga mengatakan bahwa penggunaan Ciwandan dan Panjang sebagai pelabuhan penyeberangan bagi penumpang akan berlanjut, dari Natal dan tahun baru, hingga libur Idulfitri maupun Iduladha.

"Ini pasti akan berlanjut apabila ada saat Idulfitri atau Iduladha akan diberlakukan seperti itu, tetapi sepanjang Bakauheni dan Merak terjadi kepadatan," jelasnya.

Selain kedua pelabuhan itu, Pelabuhan Indah Kiat di Cilegon, milik anak usaha dari Grup Sinar Mas, Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas, turut dioperasikan untuk menjadi alternatif dari Pelabuhan Merak.

Plt. Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Panjang Novian Eldi mengatakan bahwa rencananya lintasan penyeberangan penumpang rute Indah Kiat dan Panjang akan dioperasikan apabila terjadi kepadatan, di pelabuhan Merak dan Bakauheni pada libur tahun baru 2023.

"Kalau sesuai surat dari Direktur Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan [Kemenhub], itu dari tanggal 31 Desember 2022 sampai dengan 2 Januari 2023, karena peak season itu tanggal 1 dan 2 Januari 2023," terangnya di KSOP Kelas I Pelabuhan Panjang, Bandar Lampung, Kamis (29/12/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Duh! 3 Ruas Jalan di Sleman Batal Diperbaiki Tahun Ini karena Tidak Disetujui Pusat

Sleman
| Selasa, 23 Juli 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Ini Dia Surganya Solo Traveler di Asia Tenggara

Wisata
| Kamis, 18 Juli 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement