Advertisement

Menjadi Konsumen Obat & Makanan Berdaya

Media Digital
Jum'at, 09 Desember 2022 - 11:17 WIB
Jumali
Menjadi Konsumen Obat & Makanan Berdaya Foto ilustrasi. - Reuters/Srdjan Zivulovic

Advertisement

SobatBPOM, pada sistem pengawasan Obat dan Makanan (SisPOM), subsistem pengawasan oleh konsumen menjadi sangat penting dilakukan karena kita sebagai masyarakat/konsumenlah yang mengambil keputusan untuk membeli atau menggunakan suatu produk Obat dan Makanan. Nah, sebagai konsumen Obat dan Makanan yang berdaya, kita harus memiliki kesadaran dan pengetahuan terhadap mutu produk, sehingga kita dapat membentengi diri kita sendiri terhadap penggunaan produk Obat dan Makanan yang tidak memenuhi syarat dan tidak kita dibutuhkan. Selain itu SobatBPOM, dengan menjadi konsumen berdaya, kita secara tidak langsung akan mendorong produsen untuk senantiasa menjaga kualitas Obat dan Makanan yang diproduksi.

Bagaimana menjadi konsumen Obat dan Makanan berdaya?

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

SobatBPOM, pemerintah dalam hal ini Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mempunyai kewajiban meningkatkan kesadaran dan pengetahuan kita sebagai masyarakat konsumen terhadap mutu, khasiat dan keamanan produk Obat dan Makanan melalui berbagai kegiatan komunikasi, informasi dan edukasi. Ingin menjadi masyarakat konsumen Obat dan Makanan yang berdaya? Ikuti 3 tipsnya berikut ini..

Tingkatkan pengetahuan tentang Obat dan Makanan

Banyak sekali jalan untuk meningkatkan pengetahuan tentang keamanan Obat dan Makanan nih SobatBPOM. Wajib bagi SobatBPOM untuk selalu update berita BPOM melalui website www.pom.go.id, dan follow akun media sosial resmi Badan POM yaitu @bpom_ri (Instagram), @bpom_ri (twitter), @bpom.official (facebook), dan Badan POM RI (youtube). Mudahnya, SobatBPOM klik linktr.ee/bpom_ri untuk dapat akses ke semua media sosial yang dimiliki Badan POM.

Mengapa harus update informasi? Salah satunya karena banyak hoax disekitar kita, SobatBPOM… Nggak lucu kan kalau kita ikut menyebarkan berita hoax tentang Obat dan Makanan… Ayo segera follow seluruh akun Badan POM.. termasuk juga follow akun UPT Badan POM di DIY yaitu akun Balai Besar POM di Yogyakarta, bbpom_yogyakarta (Instagram), @BPOM_Yogya (twitter), Balai Besar POM Yogyakarta (fanpage facebook) dan update informasi di website bbpom-yogya.pom.go.id. SobatBPOM bisa klik https://linktr.ee/BalaiBesarPOM diYogyakarta untuk akses ke semua media sosial BBPOM di Yogyakarta.

Berbagai webinar yang diselenggarakan untuk membekali kita masyarakat konsumen sering juga dilakukan BPOM, SobatBPOM. Agar tidak ketinggalan, selalu ikuti berita terbaru dengan follow akun medsosnya. BPOM sudah punya juga acara podcastnya juga. Bila kebetulan tidak bisa mengikuti acaranya, kita bisa juga mengikuti melalui akun youtube Badan POM RI. Selalu ada cara ya SobatBPOM.

Selain itu, banyak sekali e-book yang bisa kita buru untuk mendapatkan informasi dan edukasi tentang Obat dan Makanan. Berbagai e-book bisa kita dapatkan melalui https://perpustakaan.pom.go.id/. Ini sebagai salah satu contoh e-book yang bisa kita peroleh dengan mengakses perpustakaan Badan POM.

Masih banyak koleksi e-booknya, SobatBPOM.. ayoo.. segera kunjungi…

Selain itu, e-book tentang pangan juga bisa diakses melalui website http://klubpompi.pom.go.id/. Disini SobatBPOM akan banyak sekali menemukan harta karun informasi tentang tips-tips keamanan pangan yang wajib dimiliki.

Setelah punya banyak bekal informasi tentang keamanan Obat dan Makanan, SobatBPOM perlu melaksanakan tips yang berikut ini untuk menjadi konsumen Obat dan Makanan yang berdaya.


Lakukan Cek KLIK

Sebagai konsumen yang berdaya, kita tidak boleh asal membeli produk yang tampaknya dari luar menarik. Kita perlu jurus jitu berupa Cek KLIK yaitu Cek Kemasan, Cek Label, Cek Izin Edar dan Cek Kedaluwarsa.
Cek Kemasan, pastikan kemasan produk Obat dan Makanan dalam kondisi baik, tidak berlubang, tidak sobek, tidak karatan dan tidak penyok. Cek Label, baca informasi produk yang tertera pada label kemasan dengan cermat. Cek Izin Edar, pasatikan memiliki izin edar. Untuk produk Obat dan Makanan yang izin edarnya dikeluarkan oleh Badan POM, izin edar bisa dicek melalui aplikasi BPOM Mobile. Cek Kedaluwarsa, pastikan tidak melebihi batas kedaluawarsa.

Apakah SobatBPOM sudah mengetahui tentang izin edar apa saja yang dikeluarkan

BPOM? Berikut informasinya…

Aplikasi BPOM Mobile bisa digunakan untuk scan barcode 2D dan memastikan apakah benar produk Obat dan Makanan sudah mempunyai izin edar di Badan POM. Apabila SobatBPOM menemukan produk Obat dan Makanan yang kemasannya rusak, label tidak jelas, tidak berizin edar atau bahkan melewati tanggal kedaluwarsa, tinggalkan.

Terus, bagaimana ya kalau SobatBPOM menemukan Obat dan Makanan yang tidak memenuhi ketentuan? Inilah tips ketiga..
Laporkan

SobatBPOM bisa melaporkan produk Obat dan Makanan ke HaloBPOM1500533 atau melalui aplikasi BPOM Mobile, bila SobatBPOM di DIY, bisa pula melaporkan ke Balai Besar POM di Yogyakarta yang beralamat di Jl. Tompeyan Tegalrejo Yogyakarta atau melaporkan melalui website bbpom-yogya.pom.go.id pada menu WBS & Pengaduan. Jangan khawatir SobatBPOM, identitas kita dijaga kerahasiaannya.


SobatBPOM, demikian 3 tips untuk menjadi konsumen Obat dan Makanan yang berdaya, tingkatkan pengetahuan tentang Obat dan Makanan, lakukan cek KLIK dan Laporkan apabila menemukan produk Obat dan Makanan yang tidak memenuhi ketentuan. Konsumen berdaya, Indonesia Jaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Salah Paham, ODGJ Asal Madiun Nyaris Dimassa di Gunungkidul

Gunungkidul
| Senin, 30 Januari 2023, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Ke Depan, Naik Candi Borobudur Harus Pakai Sandal Khusus

Wisata
| Senin, 30 Januari 2023, 13:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement