Advertisement

Pemilik Kedai Kopi di Magelang Ciptakan Mesin Es Kopi

Media Digital
Rabu, 07 Desember 2022 - 04:27 WIB
Budi Cahyana
Pemilik Kedai Kopi di Magelang Ciptakan Mesin Es Kopi Pandu Wedha Kusuma memaparkan tentang mesin kopi hasil inovasinya dalam ajang Krenova 2022. - Pemkot Magelang/ds

Advertisement

MAGELANG—Berawal dari permasalahan yang dihadapi di kedai kopi yang dikelolanya, tiga bersahabat di Kota Magelang berhasil menciptakan alat seduh kopi menggunakan mesin, dengan model seduh V60. Inovasi ini berhasil memenangkan Lomba Kreativitas dan Inovasi (Krenova) Kota Magelang 2022.

Mereka adalah Pandu Wedha Kusuma, 39, Kairulie Atmaji, 39 dan Patra Agung Wirayuda, 41. Pandu yang menjalankan usaha kedai kopi, mendapatkan pesanan es kopi dalam jumlah besar.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

"Ada pesanan es kopi kemasan untuk masuk ke gerai di mal. Dengan alat yang ada saat itu, hanya bisa memproduksi empat botol ukuran 340 ml, jadi kami butuh alat yang lebih besar," jelasnya, Selasa (6/12/2022).

Pandu yang merupakan pemilik Kedai Kopi Nggunung di Jl. Arwana Raya, Cacaban, Magelang Tengah, Kota Magelang ini menjelaskan es kopi buatannya dibuat dengan sistem cold brew atau perendaman air dan kopi yang membutuhkan waktu 24 jam. Proses perendaman juga harus dilakukan di almari pendingin untuk mencegah fermentasi.

Dari permasalahan ini, Pandu berdiskusi dengan teman-temannya yang biasa berkumpul di kedainya. Patra yang merupakan seorang teknisi elektronik kemudian mencoba mencari solusi dengan menciptakan mesin yang bisa membuat es kopi tersebut dalam jumlah banyak. Diskusi bertiga ini menghasilkan alat yang diberi nama RAPI AD atau Alat Rendam Kopi menggunakan air dingin.

Bahan yang digunakan untuk membuat mesin tersebut di antaranya plat stainles, strimin, akrilik, load cell, adruino, LCD display, power suply, pompa air, dan relay. "Bahan ini mudah didapat di pasar online. Selain itu, bahan baku yang digunakan juga ramah lingkungan," jelas Pandu.

RAPI AD bahkan sudah dilengkapi pendingin sehingga tidak perlu dimasukkan ke almari es. Selain itu, juga dilengkapi dengan pompa yang digunakan untuk proses pengemasan ke dalam botol, dan sudah terpasang perangkat adruino, sehingga es kopi menjadi lebih higienis.

Dengan alat ini, Pandu bisa membuat es kopi hingga 10 liter dalam sekali rendaman. Jadi, ia bisa menghasilkan sekitar 30 botol dalam sehari. "RAPI AD memudahkan para pemilik usaha kopi untuk menyeduh Cold Brew dengan kapasitas yang lebih banyak sehingga lebih efisien dan juga higienis," terang Pandu.

Inovasi tiga bersahabat ini berhasil memenangkan juara 2 Krenova Kota Magelang 2022. Krenova merupakan program Pemerintah Kota Magelang dalam rangka menumbuhkan budaya inovasi di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi di masyarakat Kota Magelang.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Magelang, Handini Rahayu mengungkapkan Pemkot Magelang terus mendukung iklim inovasi di kalangan organisasi pemerintah daerah (OPD) maupun di masyarakat. Dukungan untuk masyarakat diwujudkan dengan menyelenggarakan Krenova setiap tahun, serta mendirikan Klinik Inovasi di Bappeda.

"Kita buka untuk siapa saja yang punya gagasan, ide dan mau dikembangkan menjadi inovasi tetapi masih terbatas kemampuannya. Mereka akan dibantu fasilitasi, konsultasi sampai mengantarkan untuk mendapatkan HaKI [Hak atas Kekayaan Intelektual]," kata Handini. (ADV)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Puluhan Santri se-DIY Pamerkan Produk UMKM

Bantul
| Minggu, 05 Februari 2023, 23:37 WIB

Advertisement

alt

Simak! Ini 10 Gunung Termegah di Dunia

Wisata
| Minggu, 05 Februari 2023, 22:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement