Advertisement

Wujudkan Pemerataan Energi, 827 Warga DIY  Terima Sambung Baru Listrik Gratis PLN dari Pemerintah

Media Digital
Jum'at, 18 November 2022 - 18:42 WIB
Budi Cahyana
Wujudkan Pemerataan Energi, 827 Warga DIY  Terima Sambung Baru Listrik Gratis PLN dari Pemerintah Peresmian Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) di wilayah Kabupaten Bantul dilaksanakan di Kelurahan Karang Tengah, Kecamatan Imogiri Kabupaten Bantul pada Kamis (17/11). - Istimewa

Advertisement

JOGJA—PLN bersinergi dengan Kementrian ESDM menyalurkan bantuan sambung listrik gratis kepada 827 warga kurang mampu yang tersebar di DIY.

Secara simbolis, peresmian Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) di wilayah Kabupaten Bantul  dilaksanakan di Kelurahan  Karang Tengah, Kecamatan Imogiri Kabupaten Bantul  pada Kamis (17/11) dan dihadiri oleh  Bupati Bantul Abdul Halim Muslih, Executive Vice President APR  PLN Abdul Farid,  anggota Komisi VII DPR RI Gandung Pardiman, dan tenaga ahli ESDM Bidang Ketenagalistrikan, Sri Peni Inten Cahyani

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Bupati Bantul menyampaikan apresiasinya kepada Gandung yang sudah mengawal  penyambungan listrik gratis kepada 100 warga di Bantul ini. Listrik merupakan faktor produksi  sehingga diharapkan produktivitas meningkat dan dapat menekan angka kemiskinan.

Abdul Farid menyampaikan program BPBL ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mewujudkan energi berkeadilan bagi masyarakat.

“Sesuai dengan semangat pemerintah dalam mewujudkan energi berkeadilan bagi masyarakat, PLN mendapatkan penugasan dari pemerintah untuk berkolaborasi dan bersinergi dengan Kementerian ESDM untuk melaksanakan program BPBL APBN tahun anggaran 2022.”

Farid  juga menyampaikan bahwa PLN selalu berkomitmen membangun akses ketenagalistrikan dan senantiasa berupaya memberikan pelayanan ketenagalistrikan yang handal serta berkualitas bagi masyarakat dan berharap agar penerima bantuan dapat menggunakan listrik dengan bertanggungjawab dan bijak. Dengan penyambungan ini akan meningkatkan Rasio Elektrifikasi yang diharapkan mencapai 100 %. Ini merupakan bukti nyata kehadiran negara untuk ketenagalistrikan.

Menurut Sri Peni Intan Cahyani  yang hadir mewakili Plt Dirjen Ketenagalistrikan, penyambungan ini merupakan bagian dari program pemerintah Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) yang dilaksanakan secara nasional kepada 80 ribu warga tidak mampu yang tersebar di 22 propinsi sepanjang tahun 2022.

Bantuan pasang baru listrik ini meliputi instalasi tenaga listrik dan biaya pemasangannya, biaya sertifikasi laik operasi, biaya penyambungan baru ke PLN, dan pengisian token listrik perdana. Para penerima manfaat adalah masyarakat kurang mampu yang masuk ke dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Advertisement

Dalam kesempatan ini pula Gandung Pardiman menyampaikan terimakasih dan apresiasinya  kepada PLN dan Kementerian ESDM atas sinergi dua lembaga ini dalam penyaluran BPBL dan berharap supaya bantuan berupa penyambungan listrik gratis dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya.

"Kami ucapkan terima kasih kepada PLN dan Kementrian ESDM atas sinerginya dalam melaksanakan mandat pemerintah yaitu program BPBL ini. Semoga masyarakat dapat memanfaatkan bantuan ini sebaik-baiknya."

Sementara itu, ekspresi bahagia dan ucapan terimakasih datang dari penerima bantuan yang diantaranya adalah Sartini,yang  22 tahun menyalur dari tetangga. Baginya bantuan ini sangat bermanfaat karena sebelumnya sartini menumpang listrik pada  tetangganya.

Advertisement

"Terimakasih atas bantuan pemasangan listrik gratis dari PLN. Kalau kemarin saya menyalur dari tetangga sekarang sudah punya listrik sendiri," tutur Sartini.

Program ini telah diatur dalam Peraturan Menteri Energi dan  Sumber Daya Mineral RI (Permen ESDM) Nomor 3 Tahun 2022 tentang Bantuan Pasang Baru Listrik Bagi Rumah Tangga Tidak Mampu. Pada kesempatan yang sama dibagikan 150 paket sembako dari YBM PLN, yang disampaikan secara simbolis oleh Executive APR PLN Abdul Farid. (ADV)

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Erina Gelar Prosesi Siraman, Warga Nobar di Gedung Serbaguna

Sleman
| Jum'at, 09 Desember 2022, 19:27 WIB

Advertisement

alt

Liburan di DIY saat Akhir Tahun? Fam Trip di Lokasi-Lokasi Ini Layak Dicoba

Wisata
| Jum'at, 09 Desember 2022, 16:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement