Advertisement

Jokowi dan MBZ Resmikan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo

Lukman Nur Hakim
Senin, 14 November 2022 - 11:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Jokowi dan MBZ Resmikan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo Jokowi dan MBZ Resmikan Masjid Raya Sheikh Zayed di Solo - YouTube Setpres

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Putra Mahkota Uni Emirat Arab Sheikh Mohammed bin Zayed Al-Nahyan (MBZ) meresmikan Masjid Raya Sheikh Zayed di Solo pada hari ini, Senin (14/11/2022).

Dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Jokowi dan Sheikh Mohammed bin Zayed datang pada pukul 07.18 WIB di Masjid Raya Sheikh Zayed.

Advertisement

Jokowi yang mengenakan batik cokelat dan peci hitam tampak bersalaman dan saling mencium pipi kanan dan kiri dengan MBZ.

Wali Kota Solo yang juga anaknya, Gibran Rakabuming, juga tampak ikut menyambut kedatangan MBZ.

Sesampainya di Masjid tersebut, kedua pimpinan negara tersebut langsung melaksanakan salat sunnah dan setelahnya melakukan peresmian bersama.

Baca juga: Jokowi: Saya Yakin Elon Musk Buka Pabrik Kendaraan Listrik di Indonesia

Dalam kesempatan ini juga, Jokowi dan Mohammed bin Zayed melakukan penyiraman kepada pohon yang berada di halaman Masjid Raya Sheikh Zayed.

Terlihat juga dalam peresmian ini Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri BUMN Eric Thohir, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Wali Kota Sola Gibran Rakabuming

Secara terpisah, dalam unggahan di akun resmi twitter pribadinya. Gibran Rakabuming Raka mengungkapkan bahwa masjid ini dapat menampung sekitar 10.000 jemaah dan menjadi simbol persahabatan kedua negara yaitu Indonesia dan Uni Emirat Arab.

“Masjid ini mampu menampung sekitar 10.000 jamaah dan menjadi pusat pengajaran Islam yang rahmatan lil 'aalamin di Kota Solo. Masjid Raya Syeikh Zayed akan menjadi simbol persahabatan dua negara muslim terbesar di dunia,” cuitnya di twitter (@Gibran_tweet), Minggu (13/11/2022)

Sekadar informasi, dikutip dari situs resmi Pemkot Solo, Masjid Raya Sheikh Zayed di Solo dibangun dua lantai dengan luas bangunan utama masjid sekitar 8.000 meter persegi.

Fasilitas Lengkap

Masjid tersebut memiliki fasilitas yang lengkap, seperti ruang VIP, perpustakaan seluas 20 meter persegi, serta basement yang digunakan untuk tempat wudu putra dan putri.

Tak hanya dijadikan sebagai tempat ibadah, masjid ini juga memiliki fasilitas perpustakaan yang bisa dimanfaatkan untuk menambah sarana edukasi bagi masyarakat.

Selanjutnya ada area terbuka, area VIP dan ruang imam yang tidak terlalu luas, ruang pompa dan water tank.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Antrean Panjang Warga Buang Sampah di Depo Mandala Krida Kota Jogja

Jogja
| Selasa, 21 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement