Advertisement

Bule Prancis Rekan Bisnis Presiden Jokowi Meninggal, Dia Orang Pertama yang Panggil "Jokowi"

Newswire
Kamis, 03 November 2022 - 17:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Bule Prancis Rekan Bisnis Presiden Jokowi Meninggal, Dia Orang Pertama yang Panggil Michel Romagnan (tengah) meninggal dunia di Solo, Rabu (2/11/2022) malam. Michel adalah rekan bisnis Presiden Joko Widodo yang diklaim sebagai salah satu orang pertama memberi sapaan Jokowi. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Rekan bisnis Joko Widodo atau Jokowi, Michel Romagnan, meninggal dunia di Rumah Sakit (RS) dr Oen, Jebres, Solo, Rabu (2/11/2022) malam. Nama Michel Romagnan mungkin terdengar asing, namun menurut sumber terdekatnya, ia termasuk salah satu orang yang paling awal memanggil Joko Widodo dengan sapaan Jokowi.

Pria dengan nama lengkap Romagnan Michel Laurent Adolphe itu adalah salah satu senior consultant di CV Roda Jati di jalan raya Solo-Purwodadi. Ia diklaim sebagai salah satu yang pertama menyapa Presiden Joko Widodo dengan sebutan Jokowi.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Hal tersebut ditegaskan salah satu kolega Michel Romagnan, Slamet Raharjo, yang menyebut benar Michel Romagnan yang merupakan rekan bisnis Jokowi meninggal pada hari Rabu (2/11/2022) di RS dr Oen Kandang Sapi.

“Benar, kemarin pukul 19.14 WIB saya dapat kabar bahwa Mr Romagnan Michel Laurent Adolphe, meninggal di RS dr Oen Kandang Sapi,” ujar Slamet dikutip dari Solopos.com-jaringan Harianjogja.com, Kamis (3/11/2022). 

Baca juga: Studi Ungkap Masalah Tidur Bisa Picu Glaukoma

Menurut Slamet, sapaan Jokowi oleh Michel Romagnan terjadi ketika keduanya bekerja di CV Roda Jati. “Persisnya kapan penamaan itu diberikan saya kurang tahu, tapi Mr Michel Romagnan cerita demikian. Nama Jokowi itu diberikan saat keduanya bekerja sama di CV Roda Jati,” ulasnya.

Meski demikian, masih banyak kesimpangsiuran mengenai siapa yang pertama memberikan panggilan Jokowi kepada Presiden Joko Widodo. Sebelumnya ada sosok Bernard Chene, pria berkebangsaan Prancis, yang disebut sebagai orang pertama memberikan sapaan Jokowi kepada Joko Widodo.

Bernard Chene mengatakan Joko Widodo terlalu panjang dijadikan nama panggilan. Benard Chene merupakan salah satu rekan bisnis Jokowi saat masih menggeluti usaha mebel. Dia kali pertama bertemu Jokowi pada 1999 di Solo.

Advertisement

Awalnya, Bernard Chene lebih dulu berkenalan dengan paman Jokowi. Namun, ia mengaku langsung percaya Jokowi bisa jadi rekan bisnis yang baik saat kali pertama bertemu.

“Saat itu saya terkesan dengan kedewasaannya. Dari matanya terlihat kalau dia sangat pintar dan penuh gairah hidup,” terang Bernard Chene dalam vlog yang diunggah di kanal Youtube Jokowi, Jumat (8/11/2019).

Bagi Bernard Chene, nama Joko Widodo terlalu panjang. Dalam budayanya, orang Prancis punya nama panggilan yang singkat. Dia pun lantas meminta izin memanggil Joko Widodo dengan sebutan Jokowi.

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Denhanud 474 Kopasgat Pastikan Kesiapan Penanggulangan Bencana

Sleman
| Minggu, 27 November 2022, 01:37 WIB

Advertisement

alt

Unik! Hindari Bajak Laut, Rumah di Pulau Ini Dibangun di Bawah Batu Raksasa

Wisata
| Sabtu, 26 November 2022, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement