Advertisement

Buron Tujuh Tahun, Pria Ini Tertangkap Saat Daftar Kerja di Kantor Polisi, Eh Gimana?

Sirojul Khafid
Selasa, 04 Oktober 2022 - 10:47 WIB
Sirojul Khafid
Buron Tujuh Tahun, Pria Ini Tertangkap Saat Daftar Kerja di Kantor Polisi, Eh Gimana? Thomas Ngcobo. - Oddity Central

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Memang banyak kejadian di dunia yang kadang bikin kita geleng-geleng. Dalam hal ini geleng-geleng karena tidak menyangka kejadian itu bisa terjadi, bukan geleng-geleng karena sedang dugem ya.

Thomas Ngcobo, pria berusia 40 tahun asal Afrika Selatan mungkin salah satu sumber geleng-geleng itu. Dia merupakan buronan yang tertangkap saat hendak melamar kerja di kantor polisi. Betul, Ngcobo yang buron tujuh tahun akhirnya tertangkap atas ulahnya sendiri.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Sebelumnya, Ngcobo buron atas kasus pencurian produk perangkat keras senilai lebih dari 1.200 dolar Amerika Serikat. Kala itu dia bekerja sebagai petugas pengiriman barang pada tahun 2015. Dia dilaporkan mengalihkan pengiriman ke alamat lain tanpa persetujuan atau sepengetahuan pemiliknya. Setelah itu Ngcobo melarikan diri.

Nama Ngcobo ditambahkan ke daftar buronan polisi setelah si majikan mengajukan pengaduan terhadapnya. Tujuh tahun mengembara, Ngcobo berjalan ke kantor polisi seolah tidak pernah memiliki catatan kriminal.

Juru bicara kepolisian Mpumalanga, Brigadir Selvy Mohlala, mengatakan bahwa rekan-rekannya di kantor polisi setempat bingung dengan kunjungan Thomas Ngcobo. Pada 15 Agustus, Ngcobo dilaporkan masuk ke stasiun untuk mengeluh bahwa dia belum menerima balasan lamarannya untuk pekerjaan di kantor polisi. Dia menanyakan alasan belum menerima balasan surat lamaran.

"Tersangka tiba-tiba ditangkap pada Senin, 15 Agustus 2022, setelah dia mengunjungi Bethal SAPS untuk menanyakan tentang aplikasinya untuk perekrutan polisi," kata Mohlala, dikutip dari Oddity Central, Rabu (14/9/2022).

Penegak hukum provinsi telah mempromosikan penangkapan Ngcobo sebagai contoh pengejaran keadilan yang tak kenal lelah, dengan mudah lupa menyebutkan bahwa tersangka benar-benar masuk ke kantor polisi.

“Kami bekerja tanpa lelah siang dan malam, berpegang teguh pada mandat kami untuk menciptakan lingkungan yang aman bagi semua warga negara,” kata Letnan Jenderal Semakaleng Daphney Manamela. “Kami tidak bisa mencapai tahap itu sementara tersangka lain masih berkeliaran di jalan-jalan dan meneror masyarakat. Hanya masalah waktu sebelum kami membawa mereka ke pengadilan.”

Advertisement

Sejak berita penangkapannya menjadi viral secara online, ada beberapa orang yang menjuluki Thomas Ngcobo sebagai 'penjahat paling bodoh di Afrika Selatan'.

Namun apabila kita ingin berpikir positif, Ngcobo mungkin justru orang yang cerdas. Dia ingin menyamarkan status buronnya dengan berada di lingkungan ‘musuh.’ Seperti kata-kata di film, tempat paling aman justru berada sedekat mungkin dengan musuh. Tapi ya sudahlah.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Oddity Central

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Perindo DIY Lolos Verifikasi Faktual sebagai Peserta Pemilu 2024

Jogja
| Kamis, 01 Desember 2022, 23:07 WIB

Advertisement

alt

Punya 100 Gerbong, Kereta Api Ini Mampu Meliuk di Pegunungan Alpen

Wisata
| Kamis, 01 Desember 2022, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement