Advertisement

Duh, Data 3.000 PNS Bocor dan Dijual Bebas! Isinya NIK hingga Rekening

Rahmi Yati
Selasa, 06 September 2022 - 15:07 WIB
Jumali
Duh, Data 3.000 PNS Bocor dan Dijual Bebas! Isinya NIK hingga Rekening Ilustrasi PNS - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Belum tuntas kasus dugaan kebocoran 1,3 miliar data SIM Card, kini giliran data 3.000 Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang dijual bebas di forum gelap.

Berdasarkan penelusuran Bisnis.com-Jaringan Harianjogja.com, Selasa (6/9/2022), dugaan kebocoran data PNS ini dilaporkan pertama kali oleh akun Twitter @nuicemedia. Dia mengatakan ada seseorang yang mengeklaim memiliki data pribadi 3.000 PNS dan menjualnya secara bebas di forum gelap.

Advertisement

"Berbicara tentang pelanggaran, kebocoran BPJS tahun lalu tampaknya untuk dijual lagi, database yang sama. Seseorang juga mengklaim memiliki data pribadi 3.000 PNS dan ada beberapa data Indonesia lainnya yang akan dijual juga," tulis @nuicemedia.

Dilihat dari laman BreachForums (breached.to), ribuan data tersebut diunggah oleh akun Charity, mencakup NIK, NIP, nama, tempat tanggal lahir, nomor telepon, hingga rekening.

Dalam unggahannya itu, Charity mengatakan bahwa semua data berformat CSV dan dijual seharga US$900 atau setara Rp13,4 juta. Sama halnya dengan data SIM Card, si pengunggah juga membagikan beberapa sample data PNS yang bisa diunduh secara gratis.

Namun meski menambah daftar insiden kebocoran data pribadi di Tanah Air, sampai saat ini belum bisa dipastikan data 3.000 PNS yang bocor tersebut benar dan valid.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dukung Kelestarian Lingkungan, Pemda DIY Mulai Terapkan Program PBJ Berkelanjutan

Jogja
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement