Advertisement

Liz Truss Sah Jadi PM Inggris Gantikan Boris Johnson

Aprianto Cahyo Nugroho
Senin, 05 September 2022 - 23:57 WIB
Bhekti Suryani
Liz Truss Sah Jadi PM Inggris Gantikan Boris Johnson Menteri Luar Negeri Inggris Liz Truss yang terpilih menjadi Perdana Menteri menggantikan Boris Johnson. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Menteri Luar Negeri Inggris Liz Truss terpilih menjadi Perdana Menteri (PM) Inggris menggantikan Boris Johnson yang mundur Juli 2022 lalu.

Liz Truss menang atas Mantan Menteri Keuangan Inggris Rishi Sunak dalam persaingan terakhir di dalam Partai Konservatif yang berkuasa. Dalam pemungutan suara, Truss meraih 81.326 suara atau 57,4 persen, sedangkan Sunak mendapat 60,399 suara atau 42,6 persen. Sebelum pengumuman, Liz Truss sudah diprediksi memenangkan dari berbagai jajak pendapat.

Liz Truss menjadi Perdana Menteri ke-56 Inggris. Dia juga menjadi PM wanita pertama setelah setelah Theresa May dan Margaret Thatcher. Wanita berusia 47 tahun itu secara konsisten mengungguli Sunak dalam pemungutan suara di antara sekitar 200.000 anggota Konservatif yang memenuhi syarat untuk memilih.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Dalam kampanyenya, Truss berjanji untuk bergerak cepat untuk melindungi rumah tangga dari lonjakan biaya energi. Menurut laporan, kemungkinan Truss akan menerapkan pembatasan harga energi.

Setelah menjadi PM Inggris, Truss berjanji bahwa dia akan segera mengumumkan rencana membantu rumah tangga yang kesulitan mengatasi lonjakan harga listrik dan pasokan energi.

"Dalam satu minggu saya akan memastikan ada pengumuman bagaimana kita akan menangani masalah biaya energi dan pasokan jangka panjang, untuk memastikan posisi negara untuk musim dingin," kata Truss kepada BBC, dikutip dari The Guardian, Senin (5/9/2022).

PM Inggris terpilih akan resmi diangkat oleh Ratu Elizabeth II di Balmoral, istananya di Skotlandia, pada Selasa (6/9/2022).

Pada Selasa sore, Liz truss akan menyampaikan pidato pelantikannya di Downing Street sebelum melanjutkan tugas mengumumkan jabatan-jabatan penting Kabinet.

Pada Rabu pukul 12 siang (18.00 WIB), pemimpin pemerintahan Konservatif yang baru terpilih akan menyampaikan Pertanyaan Perdana Menteri (PMQ) pertama mereka di House of Commons.

Advertisement

 

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Peringati Hari Pariwisata Dunia, Bantul Gelar Pertunjukan Seni di YIA

Bantul
| Selasa, 27 September 2022, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement