Advertisement

Nelayan Wales Temukan Lobster Langka, Hanya Ada Satu Banding Dua Juta

Sirojul Khafid
Minggu, 31 Juli 2022 - 08:47 WIB
Sirojul Khafid
Nelayan Wales Temukan Lobster Langka, Hanya Ada Satu Banding Dua Juta Lobster Biru - Mirror

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Seorang nelayan asal negara Wales, Liam Thomas, 29, berhasil menangkap lobster langka berwarna biru. Menurut ilmuan, tangkapan lobster biru pastel ini sangat langka, diperkirakan hanya ada satu dibanding dua juta ekor lobster.

Lantaran kelangkaannya ini, harga hewan jenis krustasea ini bisa mencapai ratusan dollar Amerika Serikat di pasaran. Dikutip dari Mirror, Kamis (28/7/2022), kala itu Liam sedang memancing di lepas pantai Anglesey, dekat Pulau Puffin.

Saat sedang menaikkan jala dan terlihat beberapa hasil tangkapannya, Liam terkejut melihat satu warna berbeda. Lobster warna biru itu nampak mencolok dibanding kebanyakan lobster yang dia dapatkan berwarna merah tua.

"Itu biru muda, semacam warna pastel, dengan hanya satu cakar utama. Saya tidak percaya. Saya belum pernah menangkap yang seperti itu sebelumnya," kata Liam.

BACA JUGA: Mengembalikan Buku ke Perpustakaan Setelah 30 Tahun Meminjam

Dalam kesehariannya, dia biasa menangkap kepiting dan lobster sebanyak 400 pot dengan tali yang ada di perahunya. Meski Liam juga mengaku beberapa kali mendapatkan lobster yang memiliki warna atau unsur kebiru-biruan.

"Saya menangkap beberapa yang gelap, biru tua, tapi tidak seperti yang saya tangkap hari ini."

Kebanyakan lobster yang ditangkap di lautan sekitar berwarna hijau-cokelat kotor. Lobster biru cerah sangat langka. Ilmuan memperkirakan, dari sekitar 200 juta lobster yang ditangkap di Atlantik Utara setiap tahunnya, diprediksi hanya ada sekitar 100 lobster biru. Warna biru ini dihasilkan dari kelainan genetik yang menyebabkan mereka menghasilkan kelebihan protein tertentu.

Sesuai peraturan penangkapan lobster di wilayah itu, beberapa ukuran tertantu, seperti masih bayi dan sejenisnya perlu dikembalikan ke laut. Tapi Liam mengatakan lobster biru yang dia dapatkan sudah dewasa dan siap terhidang bagi konsumen berduit di meja restoran.

BACA JUGA: Mengembalikan Helm yang Sudah Puluhan Tahun Hilang

Advertisement

Meskipun langka, Liam tidak berharap lobster spesialnya menarik apabila sudah dimasak. Saat direbus, lobster biru berubah warna menjadi oranye-merah muda seperti yang lainnya.

"Itu hanya akan tinggal di pot penyimpanan selama empat atau lima hari, sebelum diambil oleh pembeli saya bersama dengan yang lain," katanya. "Dari ruang penyimpanan mungkin akan berakhir di Spanyol."

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Streaming Starjoja FM
alt

PT. Telkom Indonesia Resmikan Lima Bantuan Sarana Air Bersih di Kulonprogo

Kulonprogo
| Rabu, 17 Agustus 2022, 22:37 WIB

Advertisement

alt

Tiket Masuk Borobudur dan Pulau Komodo Naik, Sandiaga Uno: Tidak Semua Tiket Destinasi Naik!

Wisata
| Senin, 15 Agustus 2022, 23:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement