Advertisement

Gunung Raung Meletus, PVMBG Beri Peringatan

Novita Sari Simamora
Kamis, 28 Juli 2022 - 10:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Gunung Raung Meletus, PVMBG Beri Peringatan Gunung Raung yang terletak di antara Banyuwangi, Jember dan Bondowoso, erupsi. Abu vulkanik dirasakan sejumlah wilayah di Banyuwangi. Minggu (7/2/2021)./Antara - HO/Humas Pemkab Banyuwangi

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Gunung RaungĀ meletus dan menimbulkan erupsi pada Rabu (27/7/2022).

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat Gunung RaungĀ memiliki ketinggian 3.332 meter. Gunung yang berada di timur Pulau Jawa ini meletus pada pukul 17.19 WIB.

Advertisement

PVMBG mencatatkan tinggi kolom abu teramati mencapai sekitar 1500 m di atas puncak sekitar 4832 meter di atas permukaan laut. Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang ke arah barat dan barat laut.

"Erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 32 mm dan durasi 540 detik," seperti dikutip dari laman resmi PVMBG, Kamis (28/7/2022).

Baca juga: Gunung Anak Krakatau Meletus Lagi

PVMBG merekomendasi agar masyarakat dan pengunjung atau wisatawan tidak turun ke dasar kawah atau mendekati kawah yang ada di puncak serta tidak berkemah di sekitar puncak/bibir kaldera/kawah gunung.

Secara administratif, kawasan gunung ini masuk dalam wilayah tiga kabupaten di wilayah Besuki, Jawa Timur, yaitu Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember.

PVMBG menyarankan kepada pengunjung Gunung Raung untuk menghindari potensi bahaya gas-gas vulkanik yang dapat membahayakan jiwa manusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Usulan Formasi PPPK-CPNS 2024 Disetujui Pusat, Pemkab Bantul: Kami Tunggu Kepastian Alokasinya

Bantul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 16:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement