Advertisement

Jokowi Akan Bertemu Presiden China, Apa yang Dibahas?

Akbar Evandio
Minggu, 24 Juli 2022 - 01:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Jokowi Akan Bertemu Presiden China, Apa yang Dibahas? Jokowi akan bertemu Presiden China Xi Jinping, ini yang akan dibahas? Presiden Joko Widodo (kiri) berbincang dengan Presiden China Xi Jinping, di sela-sela KTT G20, di Osaka, Jepang, Jumat (28/6/2019). - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo akan melakukan kunjungan ke China dan menjadi pemimpin asing pertama yang bertemu langsung dengan Presiden China Xi Jinping sejak Olimpiade Musim Dingin Beijing pada Februari lalu.

Dikutip dari South China Morning Post, Sabtu (23/7/2022), juru bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin mengatakan bahwa Jokowi akan bertemu Xi dan juga Perdana Menteri Li Keqiang selama kunjungan dua hari. 

"China menantikan kunjungan Presiden Joko Widodo untuk lebih memperdalam bahasan strategis dan kerja sama praktis antara kedua belah pihak, dan untuk membangun model dan situasi yang saling menguntungkan," katanya Wang. 

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Dia melanjutkan, Presiden China belum melakukan pembicaraan tatap muka dengan para pemimpin asing sejak awal Februari, ketika Beijing menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin.

Kemudian, diagendakan Xi juga akan mengadakan serangkaian pertemuan kenegaraan dengan mengunjungi Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Singapura Halimah Yacob serta para pemimpin Serbia, Mesir, Kazakhstan, Uzbekistan dan Turkmenistan.

Menurut Pang Zhongying, ketua profesor ekonomi politik internasional dan regional di Universitas Sichuan di Chengdu, kehadiran Xi di KTT para pemimpin G20 di Bali pada November 2022 kemungkinan akan menjadi agenda utama pertemuan Jokowi dengan Xi Jinping.

"Jika dia [Xi Jinping] pergi [secara langsung], ini akan menjadi terobosan," kata Pang.

Xi tidak melakukan perjalanan ke luar daratan China sejak Januari 2020. Bahkan, ketika dia pergi ke Myanmar hingga kunjungan baru-baru ini ke Hong Kong untuk menandai peringatan 25 tahun serah terima Hong Kong pada 1 Juli 2022.

Advertisement

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Bisnis Kerajinan Celengan Karakter Berbahan Gipsum di Bantul Datangkan Untung Jutaan Rupiah

Bantul
| Selasa, 04 Oktober 2022, 00:27 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement