Advertisement

Debur Ombak Pantai Dewa Ruci Purworejo, Penghilang Penat di Jalur Pansela

Nina Atmasari
Kamis, 21 Juli 2022 - 19:12 WIB
Budi Cahyana
Debur Ombak Pantai Dewa Ruci Purworejo, Penghilang Penat di Jalur Pansela Pantai Dewaruci di Purworejo, Jawa Tengah, Rabu (20/7/2022). - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, PURWOREJO—Saat berkunjung atau melintas di Purworejo Jawa Tengah, Pantai Dewaruci di Purworejo bisa menjadi destinasi pilihan pengguna Jalur Pantai Selatan Jawa (Pansela) atau Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS). Debur ombak di Pantai Dewaruci bisa menyegarkan pikiran dan membuang kepenatan.

Pantai Dewaruci merupakan sebutan kekinian untuk Pantai Jatimalang. Pantai ini dipopulerkan dengan nama baru setelah dipasang ikon istimewa berupa sebuah patung Dewa Ruci setinggi 6 meter yang merupakan hasil mahakarya seniman dari Muntilan berdarah Bali bernama Nyoman Alif. Patung yang dibangun pada 2018 ini dapat ditemukan di bibir pantai.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

BACA JUGA: Awalnya Hanya Selebar Becak, JJLS Kini Tumbuhkan Ekonomi Kebumen

Sangat mudah menuju Pantai Dewaruci. Lokasinya hanya 700 m dari JJLS. Di ruas JJLS wilayah Jatimalang, pengunjung bisa berbelok ke arah pantai. Dengan membayar retribusi masuk sebesar Rp7.000 per orang, Anda bisa menikmati suasana pantai sepuasnya.

Selain patung Dewaruci, ada banyak daya tarik yang membuat pantai ini menjadi idola wisata Purworejo. Keistimewaan pertama adalah debur ombak yang berkejar-kejaran mencapai pantai, seolah akan menggulung kepenatan pikiran dan mengembalikan semangat hidup. Duduk dan menikmati suara debur ombak menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang memerlukan healing pikiran.

Jika Anda suka bermain air, berkejaran dengan ombak bisa menjadi permainan yang asyik. Ingat, di pantai ini Anda tidak boleh mandi, sebab ombak langsung menyapu pasir pantai sehingga berbahaya.

Fasilitas lain yang bisa dinikmati di Pantai adalah wahana buatan seperti saung, kolam renang dan naik motor ATV. Saung kecil cukup untuk empat orang disewakan seharga Rp15.000, masuk kolam renang anak Rp10.000 dan naik ATV mulai Rp50.000 sampai Rp70.000.

Salah satu operator ATV, Purwito mengungkapkan wahana ATV muncul di Pantai Dewaruci seiring semakin ramainya wisatawan yang datang. "Kalau dulu hanya wisatawan lokal, sekarang setelah dibangun JJLS jadi wisatawan banyak dari luar daerah, rombongan-rombongan," katanya, Rabu (20/7/2022).

Ia mengungkapkan pembangunan JJLS berdampak besar bagi pariwisata di Dewaruci. Pantai itu pun berbenah dengan saling belajar dengan pariwisata daerah lain untuk peningkatan fasilitas dan daya tariknya.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Purworejo,  Stephanus Aan Isa Nugroho mengatakan Pantai Dewaruci merupakan ikon wisata Kabupaten Purworejo. "Kebetulan Jalur Pansela di area pesisir. Jadi banyak sekali desa-desa wisata Purworejo di kawasan pesisir. Ada satu desa yang memang menjadi ikon, yaitu  Desa Jatimalang dan Pantai Dewaruci," katanya.

BACA JUGA: Pemkot Jogja Dorong Koperasi Konvensional Beralih ke Modern

Liputan ini merupakan bagian dari program Jelajah Jalur Pansela: Membangun Ekonomi Pantai Selatan Jawa yang digelar Harian Jogja bekerja sama dengan Pertamina Patra Niaga dan Bank BPD DIY.

Dalam program ini, Tim Harian Jogja menyusuri dan merekam setiap ruas Pantai Selatan Jawa mulai dari Kebumen, Purworejo, Kulonprogo, Bantul, Gunungkidul hingga Wonogiri. Jelajah Pansela dimulai pada Selasa (19/7/2022) dan finis di Wonogiri pada Jumat (22/7/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Kisah Agus Bertahan Hidup 25 Tahun di Pasar Kepek Bantul Setelah Pergi dari Rumah karena Takut Disunat

Bantul
| Senin, 30 Januari 2023, 06:57 WIB

Advertisement

alt

Tanggal Tua tapi Pengin Piknik? Bisa kok

Wisata
| Minggu, 29 Januari 2023, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement