Advertisement

Terjadi 2 Penembakan Brutal di Bar Afrika Selatan, 19 Tewas

John Andhi Oktaveri
Senin, 11 Juli 2022 - 12:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Terjadi 2 Penembakan Brutal di Bar Afrika Selatan, 19 Tewas Dua aksi penembakan di dua bar yang berbeda di Afrika Selatan menewaskan 19 orang - JIBI/Nurul Hidayat

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA-Dua aksi penembakan di dua bar yang berbeda terjadi di Afrika Selatan. Insiden itu menewaskan 19 orang.

Penembakan pertama terjadi di sebuah kota kecil dekat Johannesburg bernama Soweto dan tak berselang lama terjadi juga di Afrika Selatan bagian timur, Pietermaritzburg .

Advertisement

Di Soweto, Polisi setempat melaporkan penyerang yang menaiki taksi minibus berhenti dan mulai menembaki pengunjung bar secara acak. Akibatnya, 15 orang yang sedang menikmati makan malam, tewas. 

Sementara itu, di kota timur Pietermaritzburg, polisi melaporkan empat orang tewas dan delapan terluka di sebuah bar setelah dua pria menembaki pelanggan secara acak.

Baca juga: Brutal! Pria 18 Tahun Tembaki Murid SD, 18 Tewas

Hingga saat ini kepolisian setempat masih terus mendalami motif dari dua penyerangan tersebut. 

“Kami sedih bahwa siapa pun sekarang yang memiliki senjata, ingin mencoba senjata mereka di komunitas kami,” kata Faith Mazibuko, anggota Dewan Eksekutif (MEC) untuk Keamanan Komunitas seperti dikutip Aljazeera.com, Senin (11/7/2022).

Dia pun mengajak masyarakat untuk membantu polisi menangkap para pelaku tersebut.

Pelaku Gunakan Senjata Kaliber Tinggi

Di Soweto, polisi mendatangi tempat kejadian tak lama setelah kejadian di tengah malam.

“Kami dihubungi pada dini hari, sekitar pukul 12:30 [22:30 GMT],” kata letnan polisi Elias Mawela.

Menurut petugas polisi setempat bernama Nonhlanhla Kubheka, 12 orang tewas dengan luka tembak ketika polisi tiba di tempat kejadian. Dia menambahkan 11 orang dibawa ke rumah sakit dan tiga orang meninggal tak lama setelah tiba.

“Tidak ada yang ditangkap. Petugas masih berada di lokasi. Mereka datang dan menembaki orang-orang yang sedang bersenang-senang,” kata Kubheka. 

Pakai Senjata Api Kaliber

Mawela menambahkan, pelaku penembakan menggunakan senjata api kaliber tinggi untuk menembak orang secara acak. Jumlah peluru yang ditemukan di tempat kejadian menunjukkan bahwa penembakan dilakukan oleh sekelompok orang.

Dalam insiden terpisah, empat orang tewas dalam baku tembak di sebuah bar di Pietermaritzburg di Afrika Selatan bagian timur.

Penembakan itu terjadi menjelang pukul 08:30 (18:30 GMT) pada Sabtu kemarin dan menyebabkan delapan lainnya terluka, kata juru bicara polisi setempat Nqobile Gwala.

Dua pria melaju, memasuki bar dan "menembakkan senjata secara acak ke pengunjung", sebelum melarikan diri, katanya. Sebanyak delapan orang lainnya dilaporkan terluka.

“Total ada 12 orang yang tertembak. Dua orang dinyatakan tewas di tempat kejadian dan dua lainnya meninggal di rumah sakit,” kata Gwala.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jalan Rusak di Sleman Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Pasang Spanduk Obyek Wisata Jeglongan Sewu

Sleman
| Sabtu, 20 April 2024, 18:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement