Advertisement

Fokus Kembangkan UMKM, Ganjar Pranowo Luncurkan lapakjateng.id

Media Digital
Rabu, 15 Juni 2022 - 18:57 WIB
Arief Junianto
Fokus Kembangkan UMKM, Ganjar Pranowo Luncurkan lapakjateng.id Ganjar Pranowo. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menggelar sejumlah acara dalam rangka peringatan Bulan Bung Karno atau Bulan Pancasila. Salah satunya adalah kegiatan yang dimaksudkan untuk mewujudkan kemandirian ekonomi melalui UMKM.

Selama ini, Ganjar memang terbilang fokus pada sektor tersebut. Bertempat di Solo, Jawa Tengah, pada Rabu (15/6/2022), Ganjar menyelenggarakan dua acara sekaligus terkait dengan peningkatan dan pendampingan UMKM Jateng. 

Advertisement

BACA JUGA: Ganjar Pranowo Dukung Rencana Netflix Angkat Potensi Jateng Lewat Film 

Acara pertama adalah Seminar Nasional bertajuk Menggali Gagasan Trisakti, Peran UMKM dalam Membangun Kemandirian Ekonomi Melalui Transformasi Digital. Sejumlah narasumber ternama dihadirkan dalam acara yang bekerja sama dengan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta ini.

"Iya, banyak teman-teman yang merayakan Bulan Bung Karno atau Bulan Pancasila, ada yang upacara ada yang bicara kesenian dan lainnya. Hari ini kami UNS pengin mengupas bagaimana kemandirian kita di bidang ekonomi wabil khusus untuk UMKM," kata Ganjar melalui rilis, Rabu.

UMKM, lanjut dia, dipilih karena memiliki potensi sangat besar. Selain itu, mereka butuh pendampingan agar semakin berkembang.

"Kalau yang usaha sedang dan gede kan mampu mandiri. Nah hari ini yang UMKM ini yang kita dampingi, mereka butuh kita bongkar persoalan apa yang muncul. Bagaimana dengan produk knowledge mereka, market, ekonomi digital dan sebagainya," jelasnya.

BACA JUGA: Penggunaan Gas Bumi lewat Jaringan Pipa Diperluas di Jogja, Ini Keunggulannya

Selain seminar, Ganjar juga meluncurkan platform lokapasar bernama LapakJateng.id. Lokapasar yang menampung aneka produk UMKM Jateng itu ia luncurkan bekerja sama dengan e-commerce raksasa nasional, blibli.com.

"Hari ini kami me-launching lapakjateng.id untuk memberikan ruang pada UMKM kami untuk bisa jualan. Produk-produk yang dikurasi ternyata cukup bagus dan tadi saya senang pak Wali Kota Solo, Mas Gibran juga memberikan spirit dengan contoh yang konkret. Siapa yang produknya bagus, akan diajak pameran ke Paris," kata Ganjar.

Dengan dibukanya lokapasar ini, Ganjar mengatakan para pelaku UMKM akan semakin bergairah. Mereka akan semangat berjualan dan terus memperbaiki kualitas.

"Termasuk kuantitas, kalau sudah jualan online, pasti banyak yang menunggu. Tugas kami menyiapkan itu dan terus mendampingi agar mereka punya standar dan bisa jualan dengan kualitas bagus," jelasnya.

Sejumlah produk unggulan UMKM Jateng juga dipamerkan dalam acara itu. Mulai produk olahan makanan, fesyen, kriya dan lain sebagainya.

"Tadi yang jualan bagus-bagus, dan itu sudah ekspor semua. Nah tugas kami mendorong mereka yang lain, maka pelatihan ini jadi sangat penting. Kami sengaja pilih bulan Juni, karena kami ingin betul-betul menjadikan UMKM tulang punggung ekonomi berdikari. Tetap stronger, tidak keder," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Puluhan Kilogram Bahan Baku Petasan Disita Polres Bantul

Bantul
| Kamis, 28 Maret 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement