Advertisement

Gunung Anak Krakatau Erupsi, Bagaimana Nasib Penerbangan di Sekitar?

Khadijah Shahnaz
Rabu, 08 Juni 2022 - 21:47 WIB
Arief Junianto
Gunung Anak Krakatau Erupsi, Bagaimana Nasib Penerbangan di Sekitar? Foto ilustrasi: Gunung Anak Krakatau semburkan abu vulkanik. - Antarafoto

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Airnav Indonesia memastikan operasional pelayanan navigasi penerbangan berjalan normal kendati terjadi erupsi di Gunung Anak Krakatau pada hari ini.

Sekretaris Perusahaan AirNav Indonesia Rosedi mengatakan terdapat tiga bandara yang berdekatan dengan lokasi aktivitas erupsi, antara lain Bandara Salakanagara Tanjung Lesung, Bandara Taman Belimbing Lampung Barat, dan Bandara Internasional Radin Inten II Lampung.

Advertisement

"Sampai dengan statement ini saya berikan, operasional pelayanan navigasi penerbangan yang diberikan oleh AirNav di sejumlah bandara yang berada dekat dengan pusat erupsi masih berjalan normal," ujarnya, Rabu (8/6/2022).

Rosedi menambahkan rute penerbangan di sekitar Anak Krakatau juga aman dari sebaran abu vulkanik. Namun demikian, AirNav Indonesia telah menerbitkan ASH NOTAM (ASHTAM) Nomor WAWR2462 untuk memberikan informasi kepada para pengguna jasa terkait hal ini.

Sebelumnya, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengumumkan telah terjadi erupsi pada Gunung Anak Krakatau pada 8 Juni 2022, pukul 13.04 WIB dengan tinggi kolom abu teramati ± 500 m di atas puncak (± 657 m di atas permukaan laut).

Berdasarkan keterangan dari PVMBG, kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah selatan. Erupsi ini pu terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 50 mm dan durasi 75 detik.

PVMBG juga meminta kepada para masyarakat , pengunjung, wisatawan ataupun pendaki tidak mendekati Gunung Anak Krakatau atau beraktivitas dalam radius 5 km dari kawah aktif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

AHY Menegaskan Tidak Akan Ada Lagi Asal Menggusur di IKN

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement