Advertisement

Astaga! Sudah Menuju Endemi, Malah Ada Varian Covid-19 yang Lebih Menular

Intan Riskina Ichsan
Senin, 23 Mei 2022 - 20:27 WIB
Bhekti Suryani
Astaga! Sudah Menuju Endemi, Malah Ada Varian Covid-19 yang Lebih Menular Tangkapan layar- Ilustrasi Virus Corona varian Omicron. JIBI - Bisnis/Nancy Junita

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Peneliti menemukan temuan baru virus Covid-19 yang bisa menular dengan kecepatan tinggi, bahkan lebih cepat daripada virus sebelumnya.

Mengutip dari Yale Medicine, Senin (23/5/2022), para ilmuwan masih menyelidiki apakah varian Covid-19 terbaru lebih menular atau berbahaya daripada pendahulunya. Kabar baiknya adalah, sejauh ini, BA.2.12.1 tampaknya tidak menyebabkan penyakit parah dan kematian.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang divaksinasi lengkap dan mendapatkan booster memiliki perlindungan yang kuat terhadap rawat inap dari BA.1 dan BA.2.

Tidak seperti Delta dan varian virus corona lainnya, yang satu ini membawa banyak mutase, semuanya sekitar 50, termasuk 26 yang unik untuk varian tersebut dan lebih dari 30 pada protein lonjakan.

BACA JUGA: Hujan Bakal Mengguyur hingga Juli, Petani dan Peternak di DIY Perlu Antisipasi

Protein lonjakan adalah protein virus yang dilatih oleh sistem kekebalan oleh vaksin, berfungsi untuk mengenali dan menyerang. Para ilmuwan juga ingin tahu apakah mutasi ini mengindikasikan kemungkinan pengurangan efektivitas vaksin Covid-19 dan perawatan antibodi monoklonal tertentu.

Pada bulan Januari, CDC melaporkan dosis vaksin ketiga atau booster sangat efektif untuk mencegah perlunya kunjungan ke perawatan darurat atau rawat inap karena Covid-19. Pada bulan Maret, Amerika Serikat menyetujui booster kedua untuk orang yang lebih tua dari 50 dan mereka yang memiliki defisiensi kekebalan tertentu.

Cara terbaik untuk mencegah varian baru adalah dengan vaksinasi dan mendapatkan suntikan booster, karena jika lebih banyak orang yang divaksinasi lengkap, itu mengurangi peluang virus untuk menyebar dan bermutasi. 

Advertisement

 

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Ini Nilai UMK 2023 Tiap Kabupaten dan Kota di DIY

Jogja
| Rabu, 07 Desember 2022, 19:27 WIB

Advertisement

alt

Malam Pergantian Tahun, Hotel-Hotel di Bantul Siapkan Gala Dinner dan Live Music

Wisata
| Rabu, 07 Desember 2022, 17:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement