Advertisement

Kepala Daerah Terkaya di Jateng, Gibran: Hooh to?

Ika Yuniati
Sabtu, 12 Februari 2022 - 15:37 WIB
Bhekti Suryani
Kepala Daerah Terkaya di Jateng, Gibran: Hooh to? Gibran Rakabuming Raka - JIBI/Solopos/Farida Trisnaningtyas

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO- Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, disebut sebagai kepala daerah dengan urutan teratas soal kekayaan. Ia menanggapi santai hasil Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang menempatkan dirinya di urutan teratas dalam daftar kepala daerah terkaya di Jawa Tengah (Jateng).

“Survey apa? Hooh to? Aku ora ngerti survey-ne,” kata Gibran saat ditanya seusai acara peresmian panel surya dan solar charging station di SD N 1 dan 2 Kleco Solo, Jumat (11/2/2022). 

Kendati demikian Gibran mengatakan bahwa Januari lalu sudah merevisi laporan harta kekayaannya pada 2021. Ada beberapa penambahan aset berupa tanah. Namun ada pula sedikit tambahan hutang Kredit Pemilikan Rumah (KPR). “Wis [merevisi jumlah harta], Januari kemarin tak revisi, ada tambahan beberapa aset. Dilihat saja di LHKPN,” kata dia. “Tambah sithik [hutangnya]. Itu kan nganu,  KPR. Tiap tahun kan pasti berkurang. Tambah sithik,” tambah Gibran saat ditanya soal tambahan hutang.  

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Sebelumnya, diberitakan Solopos.com-jaringan Harianjogja.com Gibran menempati urutan teratas dalam daftar kepala daerah terkaya di Jateng. Data tersebut berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) per tanggal 5 Februari 2022.

BACA JUGA:Tips Supaya Tidur Lebih Nyenyak di Malam Hari

Gibran menempati urutan teratas dengan total kekayaan lebih dari Rp25 miliar, atau tepatnya Rp25.292.783.659. Harta kekayaan Gibran itu bahkan lebih banyak Rp10 miliar dari urutan kedua kepala daerah terkaya di Jateng yang ditempati Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono. Wali Kota Tegal berusia 40 tahun itu memiliki total kekayaan mencapai Rp15.271.644.802.

Sementara di urutan ketiga ditempati Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji, dengan total kekayaan Rp14.102.122.354. Bupati Klaten, Sri Mulyani, menjadi kepala daerah terkaya keempat di Jateng dengan total kekayaan Rp12.000.827.139.

Sedangkan Bupati Wonogiri dua periode, Joko Sutopo, menempati urutan kelima dengan total kekayaan Rp8.252.745.522. Kendati demikian, daftar kepala daerah terkaya di Jateng ini belum final. Dengan kata lain, daftar tersebut bisa berubah mengingat masih banyak kepala daerah yang belum melaporkan daftar kekayaan terbarunya kepada KPK.

Beberapa kepala daerah yang belum menyerahkan LHKPN terbaru ke KPK itu antara lain Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi; Bupati Karanganyar, Juliyatmon; Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, Bupati Sukoharjo, Etik Suryani; Wali Kota Salatiga, Yuliyanto, hingga Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo.

Advertisement

Advertisement

Sumber : JIBI/Solopos.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Bisnis Kerajinan Celengan Karakter Berbahan Gipsum di Bantul Datangkan Untung Jutaan Rupiah

Bantul
| Selasa, 04 Oktober 2022, 00:27 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement