Advertisement

Kenali Gejala Umum Orang Terpapar Omicron

Aprianus Doni Tolok
Jum'at, 11 Februari 2022 - 03:47 WIB
Bhekti Suryani
Kenali Gejala Umum Orang Terpapar Omicron Tangkapan layar- Ilustrasi Virus Corona varian Omicron. JIBI - Bisnis/Nancy Junita

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Jubir Satgas Covid-19 Siti Nadia Tarmizi menyampaikan bahwa gejala Omicron muncul rata-rata 5-6 hari tetapi bisa sangat bervariasi. 

"Masa inkubasi 1-14 hari bahkan 21 hari. Tetapi umumnya 5-6 hari, meskipun ada beberapa yang lebih cepat," katanya dalam konferensi pers, Kamis (10/2/2022). 

Lebih lanjut, Siti juga menyampaikan bahwa pasien Covid-19 bisa mengonsumsi obat bebas seperti vitamin dan obat penurun panas. 

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Namun, Siti meminta masyarakat agar tidak mengakses secara bebas obat yang dalam konsumsinya memerlukan konsultasi dokter.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (Dirjen P2P) Kemenkes ini juga menyampaikan bahwa gejala yang umum dialami pasien terkonfirmasi Omicron adalah batuk, pilek, dan gejala lainnya seperti penyakit influenza.

BACA JUGA: Buntut Kecelakaan Bukit Bego Bantul, Tanjakan Ekstrem di Gunungkidul Tak Boleh Dilewati Bus Wisata

Adapun Nadia menyampaikan bahwa pemerintah memprediksi puncak kasus Omicron bisa  3-6 kali lebih tinggi dibandingkan gelombang sebelumnya akibat varian Delta. 

"walaupun demikian kita akan lihat bahwa peningkatan ini tidak berbanding lurus dengan pasien yang membutuhkan perawatan rumah sakit,"katanya dalam konferensi pers, Kamis (10/2/2022). 

Menurutnya, vaksinasi tetap menjadi salah satu upaya menjaga masyarakat dari gejala buruk Covid-19. 

Advertisement

Namun, Nadia menggarisbawahi cakupan vaksinasi lansia yang masih minim mengingat lansia menjadi kelompok rentan yang bisa terdampak fatal jika terpapar virus. 

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Profil Samekto Wibowo, Guru Besar UGM yang Meninggal Setelah Terseret Ombak di Gunungkidul

Gunungkidul
| Minggu, 25 September 2022, 08:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendekar Roti Kolmbeng Terakhir di Jogja

Wisata
| Sabtu, 24 September 2022, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement