Advertisement

Jokowi Minta Masyarakat WFH di Tengah Melonjaknya Kasus Omicron

Aprianus Doni Tolok
Selasa, 18 Januari 2022 - 22:27 WIB
Budi Cahyana
Jokowi Minta Masyarakat WFH di Tengah Melonjaknya Kasus Omicron Ilustrasi tetap di rumah di tengah pandemi Covid. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta masyarakat kembali bekerja di rumah atau work from home (WFH) di tengah kenaikan kasus Covid-19 akibat varian Omicron.

"Berhati-hati perlu, waspada perlu, tapi jangan menimbulkan ketakutan dan jangan menimbulkan kepanikan,” kata Jokowi dalam pernyataan resmi, dikutip dari YouTube Setpres, Selasa (18/1/2022).

Advertisement

BACA JUGA: Jogja PPKM Level 2, Mulai 18-24 Januari! WFO 50 Persen, Supermarket Tutup Jam 9

Jokowi memaparkan berbagai studi termasuk laporan dari Badan Kesehatan Dunia atau WHO menyebutkan bahwa varian Omicron memang lebih mudah menular tetapi memiliki gejala yang lebih ringan.

“Pasien yang terinfeksi varian ini umumnya pulih tanpa harus dirawat di rumah sakit, tapi, sekali lagi, kita harus waspada, jangan jemawa, dan jangan gegabah," ucap Jokowi.

Untuk menekan laju penularan Omicron, Jokowi menekankan sejumlah hal, di antaranya meminta agar masyarakat mengurangi mobilitas jika tidak ada keperluan mendesak.

Selain itu, Jokowi juga mengimbau pemimpin perusahaan untuk menerapkan bekerja dari rumah atau WFH jika memungkinkan.

"Mereka yang bisa bekerja dari rumah (work from home) lakukanlah kerja dari rumah,” ujarnya.

Selain itu, Presiden juga meminta masyarakat untuk tidak bepergian ke luar negeri untuk keperluan yang tidak esensial.

Advertisement

Kemudian, Jokowi juga menekankan pentingnya vaksinasi Covid-19 dalam menghadapi pandemi, termasuk peningkatan kasus Omicron saat ini.

Dia meminta kepada masyarakat untuk segera mengikuti program vaksinasi yang diberikan gratis oleh pemerintah kepada masyarakat, baik dosis primer maupun dosis lanjutan atau booster.

BACA JUGA: Catat! PPKM Jawa-Bali Diperpanjang 18—24 Januari 2022

Jokowi kembali mengingatkan semua pihak untuk disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, sebagai salah satu kunci dalam menghadapi pandemi.

“Saya tidak akan pernah bosan untuk terus mengingatkan selalu gunakan masker, menjaga jarak, dan jangan lupa mencuci tangan. Intinya ikuti protokol kesehatan dengan disiplin,” ujar Jokowi.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Sudah Masuk Kemarau, DIY Masih Sering Dilanda Hujan, Ini Penyebabnya

Jogja
| Minggu, 22 Mei 2022, 10:17 WIB

Advertisement

alt

Piknik Gunungkidul, Sempatkan Singgah ke "Surga Kecil" yang Satu Ini

Wisata
| Sabtu, 21 Mei 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement