PTM 100% di Jogja Digelar Akhir Januari

Suasana PTM di SDN Serayu, Jogja, Rabu (28/4/2021). - Harian Jogja/Sirojul Khafid
15 Januari 2022 16:37 WIB Sirojul Khafid News Share :

Harianjogja.com, JOGJA–Pemerintah Kota Jogja berencana menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) 100% mulai pekan terakhir Januari 2022. Menurut Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi, vaksinasi dosis pertama untuk anak usia 6-11 tahun ditargetkan selesai 19 Januari dan dosis kedua dimulai 21 Januari.

“Bagi sekolah yang fasilitasnya memadai menjalani PTM 100 persen, maka memungkinkan dilaksanakan,” kata Heroe, Sabtu (15/1/2022). 

BACA JUGA: Hari Ini, Pembelajaran Tatap Muka di Bantul Digelar Penuh

“Hindari penularan dengan protokol kesehatan (prokes). Harapannya tidak ada Omicron di Jogja karena prokesnya baik.”

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Jogja, Budhi Santosa Asrori, mengatakan PTM 100 persen mulai 24 Januari. “Tetapi kami akan terus evaluasi dan memantau bagaimana perkembangan kasus di Jogja dan DIY,” kata Budhi.

Namun kepasitas 100 persen ini belum diterapkan di semua jenjang pendidikan. Kapasitas 100 persen baru untuk SMP serta SD untuk kelas V dan VI. SD kelas I-IV disesuaikan dengan capaian vaksinasi anak usia 6-11 tahun.

Peserta didik cenderung tertib saat berada di kelas. Namun pengingat lebih kepada mereka saat pulang sekolah. Di MTs Negeri 1 Jogja, terpantau beberapa peserta didik bergerombol saat hendak pulang sekolah. Namun petugas dari sekolah terus mengingatkan untuk berjarak.