Omicron Meledak, Kematian Akibat Covid-19 di Eropa Timur Tembus 1 Juta Orang

Ilustrasi. - Freepik
31 Desember 2021 14:07 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA--Kasus kematian akibat Covid-19 di Eropa terus bertambah.

Update Covid-19 global hari ini menunjukkan fakta menyedihkan, karena kematian akibat Covid-19 di Eropa Timur telah melampaui angka 1 juta.

Data Worldometers, Jumat (31/12/2021), menunjukkan kasus Covid-19 dunia yang mencapai 286,8 juta infeksi, dengan 5,4 juta orang sudah meninggal dunia.

Lonjakan kasus kasus aktif atau jumlah orang yang masih bisa menularkan Cov-19 adalah 28,2 juta orang.

Kondisinya 28,1 juta orang tidak bergejala atau bergejala ringan, tapi ada 90 ribu orang yang bergejala serius atau sedang kritis.

Mengutip Channel News Asia, kematian akibat virus Corona di Eropa Timur mencapai 1 juta kasus pada Kamis, 30 Desember 2021 lalu. Hal ini bertepatan dengan menyebarnya varian Omicron yang sangat meluas.

Adapun 3 dari 5 negara yang melaporkan jumlah kematian harian tertinggi di Eropa Timur, berasal dari Rusia, Polandia, dan Ukraina.

"Saya takut karena ini adalah jumlah kematian harian yang sangat-sangat besar, tak terbayangkan," ungkap Bozena Adamowicz, Pensiunan asal Warsawa.

BACA JUGA: Catatan Ekonomi DIY 2021: Berat Beban Tulang Punggung Perekonomian

Eropa Timur setidaknya menyumbang 39 persen dari populasi kematian Covid-19 dunia, dan menyumbang setengah dari total kematian Covid-19 di Eropa.

Adapun wilayah Eropa ini mencakup Belarus, Bulgaria, Republik Ceko, Hungaria, Moldova, Polandia, Rumania, Rusia, Slovakia, dan Ukraina.

Sumber : Suara.com