Advertisement

Hasil Survei: Ganjar-Anies Makin Ketat

Indra Gunawan
Senin, 20 Desember 2021 - 17:17 WIB
Bhekti Suryani
Hasil Survei: Ganjar-Anies Makin Ketat Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat bertemu di sebuah acara beberapa waktu lalu

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA-Sebuah survei baru-baru ini memotret elektabilitas sejumlah tokoh nasional menuju Pilpres 2024. 

Elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengungguli tokoh lainnya jika pemilihan presiden dilaksanakan hari ini. Setelah Ganjar, menempel nama Anies Baswedan, Prabowo Subianto, Erick Thohir dan Puan Maharani.

Advertisement

Survei yang dirilis Lembaga survei Populi Center tersebut dilaksanakan mulai tanggal 1 hingga 9 Desember 2021 yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia.

Peneliti Populi Center, Nurul Fatin Afifah menuturkan bahwa masyarakat ditanya mengenai tingkat dukungan, 'Apakah akan memilih lima tokoh yang disebutkan apabila tokoh tersebut maju sebagai calon presiden di tahun 2024?'. 

BACA JUGA: Tunjuk I Putu Gede Jadi Pelatih, Ini Target PSS di Akhir Musim

"Figur Ganjar Pranowo memang mendapatkan presentase dukungan dari masyarakat yang paling tinggi yaitu 58,3 persen. Anies Baswedan 47,3 persen, Prabowo Subianto 46,6 persen, Erick Thohir 27,5 persen, Puan Maharani 17,5 persen," ujar Nurul dalam konferensi pers virtual, Senin (20/12/2021).

Nurul mengatakan dari 5 nama tokoh itu disebutkan secara terpisah sehingga ada kemungkinan setiap responden memilih lebih dari 1 nama, karena responden tidak diharuskan untuk memilih mana nama yang paling akan dipilih.

Meski nama Ganjar berada diurutan pertama, namun Nurul mengatakan survei tersebut merupakan potensi dukungan, bukan elektabilitas. Oleh karenanya angka potensi dukungan masih dapat berkembang lebih lanjut.

"Tentu walaupun Ganjar Pranowo itu muncul sebagai figur yang mendapatkan dukungan paling kuat, jadi ini hanya potensi dukungan, ini bukan elektabilitas, ini masih bisa berkembang untuk ke depannya," kata Nurul.

"Dan mengapa hanya 5 nama ini saja, jadi 3 nama teratas itu adalah Ganjar Pranowo, Anies Baswedan dan Prabowo Subianto adalah nama yang dianggap populer. Erick Thohir itu adalah nama yang akhir-akhir ini mulai muncul sedangkan nama Puan Maharani adalah nama yang diperkirakan untuk elite partai sebagai elite partai yang akan diusung," katanya.

Survei dilakukan melalui wawancara telepon terhadap sampel pemilik telepon. Responden dipilih secara acak dari populasi pemilih yakni penduduk berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dari basis data populasi survei Populi Center sejak tahun 2013-2021.

Teknik pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode acak sederhana (simple random sampling) dari kerangka sampling yang dimiliki Populi Center.

Adapun Margin of error pada survei ini sebesar ±2,83 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Tujuan survei tersebut salah satunya untuk mengetahui perkembangan politik nasional yang meliputi elektabilitas calon presiden 2024 dan elektabilitas partai politik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Puluhan Kilogram Bahan Baku Petasan Disita Polres Bantul

Bantul
| Kamis, 28 Maret 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement