Advertisement

Warganet Ini Ucapkan "Monggo" pada Setiap Orang yang Dilewati, Jawabannya Bikin Kagum

Nina Atmasari
Selasa, 14 Desember 2021 - 20:47 WIB
Nina Atmasari
Warganet Ini Ucapkan Seorang warga di tepi jalan menjawab dengan menganggukkan kepala saat disapa dengan kata monggo. - Ist/tangkapan layar

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-- Budaya Jawa dikenal dengan keramahannya. Dalam budaya Jawa, orang diajarkan untuk bersikap sopan terhadap orang lain meskipun tidak dikenalnya.

Baru-baru ini, seorang warganet membuktikannya. Seorang warganet di twitter dengan nama akun @Qolbi_almas membuat video unik. Pembuat video melakukan percobaan yakni menyapa orang-orang yang sedang berada di tepi jalan yang dilewatinya.

Advertisement

Pembuat video tersebut mengucapkan kata "monggo" kepada orang yang dilewatinya tersebut. Kata tersebut dari bahasa jawa sebenarnya berarti "silakan", namun sebagian orang menggunakannya dengan maksud untuk permisi.

Ternyata hasilnya, orang yang disapa tersebut membalasnya, meskipun orang tersebut kemungkinan tidak mengenal orang yang menyapanya. Beragam orang yang disapanya seperti ibu-ibu yang duduk di tepi jalan, tukang becak, tukang sapu, tukang tambal ban, penjual makanan hingga penjual pulsa.

Cara orang yang disapanya tersebut saat menjawab pun bermacam-macam, namun hampir semua menjawab sambil menganggukkan kepala. Ada yang menjawab dengan kata yang sama "monggo", ada yang menambahinya menjadi "nggih, monggo" ada pula yang menjawab dengan senyum saja.

Video tersebut diunggah oleh akun twitter @JogjaUpdate dan menarik perhatian warganet. Warganet merasa terkesan dengan kebiasaan orang Jawa untuk saling bertegur sapa atau mengucapkan kata permisi kepada orang yang dilewatinya.

"Cuma di Jogja gw baru kenal kebiasaan saling menyapa, menundukkan kepala sambil tersenyum walaupun tak saling kenal," tulis akun @dragdiva11.

"Kewajiban tidak tertulis untuk saling mengucap monggo," tambah @buddysusatio.

"walaupun skrng sdh gk di Jogja lagi, Menyapa seperti ini tetap harus dijaga sih utk ak pribadi. Terimakasih Jogja," komentar akun @SopyanSaputra.

"Nyenengke tenan.." tambah akun @AdityaYoga76.

Itulah wujud keramahan orang Jawa terhadap orang yang tidak dikenal. Jika Anda ingin membuktikan, cobalah melakukannya di Jogja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Akhirnya DPUP-ESDM DIY Mulai Sosialisasi Normalisasi Tanjakan Clongop Pekan Depan

Gunungkidul
| Jum'at, 19 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement