Yusuf Mansyur Bantah Bawa Kabur Uang Sedekah: Jika Pernah, Saya Berhenti Jadi Ustaz

Ustaz Yusuf Mansur. - Ist/ Instagram @yusufmansurnew
12 Desember 2021 22:07 WIB Nina Atmasari News Share :

Harianjogja.com, JOGJA-- Ulama terkenal Tanah Air, ustaz Yusuf Mansur tengah menjadi sorotan. Ia tersandung kasus investasi hotel dan apartemen, dan terkini ada tuduhan bahwa Yusuf Mansur membawa uang sedekah Rp 60 juta.

Ustaz berusia 44 tahun ini pun tidak tinggal diam. Ia memberikan klarifikasi. Melalui akun Instagramnya @yusufmansurnew, ia memberikan penjelasan secara lengkap.

"Buat teman-teman semua, ini juga sebagai jawaban saya atas semuanya. Saya sudah tanya kanan-kiri ke kai, ke para guru, alim ulama, jawaban semuanya bahwa saya boleh menyampaikan kebenaran," kata Ustaz Yusuf Mansur dalam rekaman tersebut, Sabtu (11/12/2021).

Di salah satu bagian dalam rekaman tersebut, Yusuf Mansur bercerita bahwa pada 2005 dia disedekahi mobil kesayangan dari orang yang tak mau disebutkan namanya oleh Yusuf Mansur tersebut.

"Ketika saya diminta memberikan tausiah di hadapan pegawainya dari beberapa cabang di Jakarta dan sekitarnya, beliau bercerita, 'Saya mencintai sedekah, bahkan saya sedekah 30 persen dan saya mewajibkan mitra sedekah besar', tapi saya pengen kamu (Ustaz Yusuf Mansur) bercerita tentang sedekah supaya sama semuanya dan datanglah saya ke tausiyah tersebut dan meminta semua yang hadir untuk bersedekah, ya, kan temanya sedekah," paparnya.

Peristiwa itu dilihat oleh sosok tersebut bahwa itulah yang menjadi kebiasaan Yusuf Mansur saat dirinya bercerita tentang bersedekah. Ia juga mengakui bahwa dalam mengajak dan menyuruh bersedekah, ia terkesan menodong dan memaksa.

"Memang saya terkesan nodong dan maksa, tapi terserah. Bukan nodong dan maksa jamaah untuk digondol, hampir enggak pernah dari 1999 cerita tentang sedekah sampai 2021 ini saya bahkan mempersilakan teman-teman kepada publik, jika pernah saya membawa uang sedekah setelah tausiyah soal sedekah, ngomong saja, saya berhenti jadi ustaz,"  katanya.

Ia menegaskan saat menyuruh orang bersedekah, ia menyuruh untuk sedekah ke mana saja.

"Hal ini juga yang saya lakukan di 2005 di outlet beliau yang ada di Bintaro. Saya minta agar semuanya bersedekah ke mana saja. Tulis sedekahnya apa, tanpa menuliskan nama, dan semuanya nulis. Nah, salah satunya ngisi mobil," lanjutnya.

Yusuf Mansur bertanya langsung ke sosok tersebut dan sosok itu membenarkan bahwa mobil itu sedekah beliau dan diberikan kepada Ustaz Yusuf Mansur. Bukan dipinjamkan.

"Di waktu itu juga mobil yang diberikan langsung saya sedekahkan. Di sini letak kesalahannya. Mestinya saya bilang dulu, tapi saya enggak bilang," jujurnya.