Advertisement

Pertama Kali Sejak Pandemi, UGM Gelar Wisuda di GSP

Lugas Subarkah
Kamis, 25 November 2021 - 01:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Pertama Kali Sejak Pandemi, UGM Gelar Wisuda di GSP Sejumlah lulusan mengikuti wisuda di GSP UGM, Rabu (24 - 11). ist

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN-Pertama kalinya sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia, Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali menyelenggarakan upacara wisuda di Grha Sabha Pramana (GSP), Rabu (24/11/2021). Wisuda Program Sarjana dan Diploma Periode I Tahun Akademik 2021/2022 di GSP UGM digelar secara terbatas.

Rektor UGM, Panut Mulyono, menjelaskan upacara wisuda ini dihadiri 100 orang wakil wisudawan beserta keluarga dan diikuti lebih dari seribu wisudawan secara daring. “Kita patut bersyukur karena pada hari ini kita dapat mengikuti upacara wisuda yang diselenggarakan secara bauran,” ujarnya.

Advertisement

Selama pandemi berlangsung UGM sebagai sebuah institusi beserta seluruh civitasnya terus berproses dan beradaptasi terhadap berbagai perubahan, termasuk dalam penyelenggaraan aktivitas perkuliahan dan juga upacara wisuda.

Dalam kegiatan ini, diwisuda sebanyak 1.731 lulusan yang terdiri dari 1.302 lulusan Program Sarjana, termasuk satu orang wisudawan yang merupakan Warga Negara Asing, kemudian 429 lulusan Program Diploma yang 128 orang di antaranya dari program D4 atau Sarjana Terapan.

Baca juga: Minim Penerangan, Sejumlah Jalan di Sleman Rawan Kecelakaan! Ini Lokasinya

Wisudawan yang hadir secara luring di GSP UGM adalah 98 wisudawan perwakilan dari masing-masing prodi serta 2 wisudawan wakil Universitas. Seluruh peserta wisuda mengikuti protokol kesehatan yang ketat, termasuk skrining dengan tes antigen ataupun Genose.

Sebanyak 560 lulusan Program Sarjana dan 78 orang lulusan Program Diploma lulus memiliki predikat lulus Pujian. Indeks Prestasi Kumulatif rata-rata untuk lulusan Program Sarjana adalah 3,42, untuk Program Sarjana Terapan 3,63, dan untuk Program Diploma Tiga 3,44.

Dalam sambutannya, Rektor mengungkapkan wisudawan yang lulus hari ini masih berada di tengah situasi yang kurang menguntungkan karena pandemi belum sepenuhnya berakhir. Meski demikian pertumbuhan ekonomi yang berangsur pulih membawa angin segar dan optimisme bagi seluruh masyarakat, termasuk bagi wisudawan hari ini yang akan segera memasuki dunia kerja.

“Saudara-saudara tidak perlu takut atau khawatir dalam menyongsong masa depan Saudara selepas meninggalkan kampus UGM, karena berbagai peluang dan kesempatan telah menanti di depan mata,” ujarnya.

Menurutnya, lulusan perguruan tinggi saat ini tidak hanya dituntut menguasai keilmuan di bidang yang ditekuni tetapi juga memiliki kepribadian, karakter, kemampuan berkomunikasi, manajerial, serta kesehatan fisik dan mental.

Maka ia berpesan agar para lulusan baru tidak berhenti belajar untuk menghadapi zaman yang cepat berubah. “Teruslah berupaya untuk mengembangkan diri dan menjadi pribadi yang unggul di tengah kompetisi yang sangat ketat,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kembali Tampil di Pilkada Gunungkidul Tahun Ini, Ini Gagasan yang Diusung Sutrisna Wibawa

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement