Tertarik Jadi Ground Crew dan Juru Parkir Pesawat, Segini Gajinya

Aktivitas ground handling pesawat Garuda Indonesia di Bandara Soekarno-Hatta - Reuters
07 November 2021 12:27 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Bicara seputar pekerjaan di sektor penerbangan, bukan hanya melulu soal profesi pilot atau pramugari. Ternyata ada lho profesi bernama ground crew atau ground staff.

Ground crew atau kru darat adalah kru maskapai penerbangan yang bertugas di darat. Mereka punya tanggung jawab untuk membantu penumpang untuk proses check in, boarding, disembarking, menangani bagasi penumpang, serta menjual tiket. Jangan salah, profesi ini sama pentingnya dengan pramugari dan pramugara.

BACA JUGA : Ini Daftar 20 Maskapai Penerbangan Teraman di Dunia

Inilah tanggung jawab ground crew dikutip dari campus.quipper.com:

1. Memberikan pelayanan kepada penumpang pesawat di konter maskapai penerbangan di dalam bandara.

2. Melayani penumpang pesawat terbang mulai dari prosedur check in, penerbitan boarding pass, penitipan bagasi, dan pengecekan visa paspor.

3. Memandu penumpang.

4. Mendukung operasional pesawat.

Untuk menjadi ground crew, Anda sudah lulusan SMA, SMK, STM maupun TKJ. Mengutip dari Sekolahpenerbangan.com, lulusan TKJ dan SMA memiliki peluang yang setara untuk menjadi staff penerbangan selama memenuhi syarat. Selain itu, syarat jika ingin menjadi ground crew Anda harus memiliki berat badan tinggi yang ideal. Tidak hanya itu, jika ingin menjadi ground crew ada beberapa skill yang harus Anda kuasai, yaitu:

1. Keterampilan berkomunikasi

2. Kemampuan manajerial

3. Kemampuan berpikir logis

4. Kemampuan melakukan analisis

5. Penguasaan bahasa asing

Adapun, profesi ini memiliki gaji yang terbilang lumayan. Kisaran gaji pokok ground crew di industri penerbangan Indonesia mencapai Rp 2 – 4 juta per bulan.

Dikutip dari p3nusantara.co.id, gaji tersebut belum termasuk bonus atau insentif, tunjangan jabatan maupun tunjangan kehadiran.

BACA JUGA : Mudik Dilarang, Tiket Pesawat dari Jogja Mulai Melejit

Sementara itu, berdasarkan situs Ziprecruiter, juru parkir pesawat di Indonesia, per tahun rata-rata gaji bisa mencapai Rp 622.957.783. Juru parkir pesawat secara umum bekerja selama 13 jam, kadang bisa lebih jika masih terdapat jadwal penerbangan. Masih dari sumber yang sama hitungan gaji per jam terhitung US$21 atau sama dengan Rp 383.481. Gimana tertarik mencoba profesi ini?