Ini Daftar 20 Maskapai Penerbangan Teraman di Dunia

Qantas Airlines
26 Agustus 2021 20:57 WIB Ni Luh Anggela News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Jika Anda merasa gugup sebelum melakukan penerbangan, Anda tidak sendirian. Banyak pelancong yang mengalami kecemasan saat akan melakukan penerbangan, entah itu karena takut ketinggian, khawatir akan kuman atau khawatir akan terjadi kesalahan di tengah penerbangan.

Tentu saja, hal yang paling mengkhawatirkan adalah kecelakan pesawat dan keselamatan maskapai secara keseluruhan.
 
To70, sebuah perusahaan konsultan penerbangan, memeriksa kecelakaan di antara pesawat penumpang komersial besar dalam tinjauan keselamatan penerbangan sipilnya setiap tahun.

Mereka mencatat pada tahun 2020, ada 40 kecelakaan di seluruh dunia, lima diantaranya fatal, yang mengakibatkan 299 kematian. Kecelakaan ini terjadi di Iran, Turki, Pakistan, India, dan AS (insiden AS mengakibatkan satu kematian setelah seseorang melanggar keamanan dan ditabrak oleh pesawat saat mendarat).
 
Di tahun sebelumnya, ada 86 kecelakaan, delapan diantaranya fatal, yang mengakibatkan 257 kematian.
 
Kecelakaan pesawat yang fatal memang jarang terjadi (dan jangan sampai terjadi), tetapi tetap saja bisa menimbulkan kecemasan. Untungnya, ada banyak maskapai penerbangan dengan catatan keselamatan yang bagus, jadi Anda bisa lebih tenang dengan memesan perjalanan Anda berikutnya di salah satu maskapai teraman di dunia.
 
AirlineRatings.com menganalisis 385 maskapai penerbangan, dengan mempertimbangkan keselamatan mereka, produk dalam penerbangan, dan sekarang, prosedur COVID-19, untuk menilai mereka menurut sistem bintang tujuh. Untuk menentukan maskapai teraman, situs tersebut mempertimbangkan kecelakaan, insiden serius, usia armada maskapai, dan audit dari pemerintah serta asosiasi penerbangan dan badan pengatur.
 
Melansir Travel + Leisure, Kamis (26/8/2021), berikut adalah maskapai teraman di dunia tahun ini, menurut AirlineRatings.com.
1.  Qantas
2.  Qatar Airways
3.  Air New Zealand
4.  Singapore Airlines
5.  Emirates
6.  EVA Air
7.  Etihad Airways
8.  Alaska Airlines
9.  Cathay Pacific Airways
10.   British Airways
11.   Virgin Australia/Virgin Atlantic
12.   Hawaiian Airlines
13.   Southwest Airlines
14.   Delta Air Lines
15.   American Airlines
16.   SAS
17.   Finnair
18.   Lufthansa
19.   KLM
20.   United Airlines
 
Qantas, maskapai penerbangan populer Australia yang telah beroperasi selama lebih dari 100 tahun, menduduki peringkat maskapai teraman tahun ini dan secara konsisten menerima peringkat tinggi untuk keamanannya. Maskapai penerbangan berperingkat teratas ini juga menawarkan lebih dari sekadar penerbangan yang aman. Mereka dipuji karena layanan mereka yang luar biasa, makanan dalam penerbangan yang lezat, dan kursi yang nyaman.
 
AirlineRatings.com juga mengidentifikasi maskapai teratas untuk kepatuhan COVID-19 pada Januari tahun ini, mendaftar (dalam urutan abjad) Air Baltic, Air New Zealand, Alaska Airlines, All Nippon Airways, AirAsia, British Airways, Cathay Pacific Airways, Delta Air Lines, Emirates, Etihad Airways, EVA Air, Japan Airlines, JetBlue, KLM, Korean Air, Lufthansa, Singapore Airlines, Southwest Airlines, Qatar Airways, dan WestJet.
 
Situs tersebut memilih maskapai penerbangan ini berdasarkan informasi situs web mereka tentang prosedur COVID-19, masker wajah untuk penumpang dan APD untuk awak, pembersihan mendalam pesawat, dan banyak lagi.

Sumber : Bisnis.com