Advertisement

Begini Cara Mudah Mengecek Penerima Bansos PKH

Newswire
Rabu, 20 Oktober 2021 - 20:27 WIB
Bhekti Suryani
Begini Cara Mudah Mengecek Penerima Bansos PKH Ilustrasi bantuan

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Masyarakat kini bisa mengecek apakah terdaftar sebagai penerima bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) atau tidak.

Pemerintah melalui kemensos mendistribusikan bantuan sosial atau bansos untuk masyarakat saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3-4. Begini cara cek penerima bansos PKH Kemensos bisa dilakukan secara online.

Advertisement

Adapun bansos yang akan disalurkan kepada masyarakat saat PPKM di antaranya Bantuan Sosial Tunai (BST), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan Program Keluarga Harapan (PKH). Cara cek penerima bansos Kemensos tersebut dapat diakses melalui satu website.

Cek daftar penerima bansos Kemensos dapat dilakukan oleh siapapun melalui situs cekbansos.kemensos.go.id. Masyarakat yang telah menerima bansos maupun yang masih dalam tahap proses, dapat mengakses data penerima bantuan sosial.

Daftar nama penerima bansos BST, BPNT, dan PKH dapat dilihat melalui satu website resmi milik pemerintah, yaitu https://cekbansos.kemensos.go.id/. Adapun langkah-langkah untuk mengecek nama penerima bansos yang terdaftar adalah sebagai berikut:

- Buka laman https://cekbansos.kemensos.go.id
- Isi Wilayah PM (Penerima Manfaat): Pilih Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan, dan Desa di mana Anda berdomisili
- Masukkan Nama PM (Penerima Manfaat)
- Salin pada kolom dua kata yang tertera dalam kotak kode. Jika huruf kode tidak jelas, klik pada kotak kode untuk merefresh kode baru
- Kemudian klik pada tombol "Cari Data".
- Sistem otomatis akan memproses nama penerima bansos berdasarkan wilayah domisili yang tertera dan dicocokkan dengan nama yang terdapat di sistem database Kemensos.

Cara Mencairkan Bansos Tunai

Penerima Bantuan Sosial Tunai Rp 300.000 menerima surat undangan dari Ketua RT setempat. Surat tersebut berisi barcode dan informasi dasar penerima bantuan yang wajib dibawa saat ke kantor pos terdekat sebagai bukti untuk proses pencairan bantuan.

Penerima manfaat membawa surat undangan dan datang mencairkan bansos ke kantor pos sesuai jadwal. Penerima Bansos Tunai juga wajib membawa KTP atau Kartu Keluarga. Kemudian datangi Kantor Pos dan tunjukkan kepada petugas.

Setelah surat undangan ditunjukkan, petugas akan mengecek dan scan barcode yang terdapat pada surat undangan. Pencairan Rp 300.000 sukses dilakukan dan tidak ada potongan sama sekali.
Perlu kalian ketahui, target penerima masing-masing bantuan sosial adalah: BST ditarget 10 juta penerima, BPNT menyasar 18,8 juta penerima, dan untuk PKH sebesar 10 juta penerima.

Demikian pembahasan mengenai cara cek penerima Bansos BST, BPNT, dan PKH, selamat mencoba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Stok dan Aksi Donor Darah di Wilayah DIY Hari Ini, Selasa 19 Maret 2024

Jogja
| Selasa, 19 Maret 2024, 10:27 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement