Pemerintah Perpanjang PPKM Hingga 18 Oktober 2021, Pusat Kebugaran di Jogja Boleh Buka

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan - Antara
04 Oktober 2021 16:47 WIB Aprianus Doni Tolok News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA—Pemerintah memperpanjang masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2-4 di Jawa dan Bali hingga 18 Oktober 2021. Pusat kebugaran di Jogja boleh dibuka.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers virtual, Senin (4/10/2021).

BACA JUGA: Kemenhub Ingin Rombak Terminal Giwangan, Ada Hotel hingga Area Olahraga

“Penerapan PPKM Level yang akan diberlakukan selama dua minggu ke depan [hingga 18 Oktober 2021],” katanya.

Dalam masa PPKM tersebut, pemerintah melakukan beberapa penyesuaian, antara lain pembukaan pusat kebugaran atau fitness centre dengan kapasitas maksimal 25 persen di wilayah aglomerasi Jabodetabek, Bandung Raya, Solo Raya, Semarang Raya, Jogja, dan Surabaya Raya.

Lalu, kios makanan dan minuman di dalam bioskop diperbolehkan buka, tetapi kapasitas bioskop tetap 50 persen. Sementara, Bandara Ngurah Rai Bali dibuka untuk penerbangan internasional pada 14 Oktober 2021.

“Setiap penumpang kedatangan internasional harus punya bukti booking hotel untuk karantina minimal delapan hari dengan biaya sendiri,” kata Luhut.

BACA JUGA: Kerap Marah-Marah, Risma Diminta Fadli Zon untuk Terapi

Menko Luhut juga menyampaikan pandemi Covid-19 terus menunjukkan perbaikan selama dua pekan terakhir.

Kasus konfirmasi nasional tercatat turun 98 persen, sedangkan khusus di Jawa dan Bali juga menunjukan penurunan hingga 98,7 persen dari puncaknya pada 15 juli 2021.

Lalu, tingkat reproduksi efektif di Pulau Jawa dan Bali juga berada di bawah 1, tetapi khusus untuk Bali masih di angka 1.

Sumber : JIBI/Bisnis.com