Advertisement

Bertemu Aqua Dwipayana, Danrem 074 Bahas soal Pendidikan hingga Rambut & Perut

Media Digital
Minggu, 03 Oktober 2021 - 09:57 WIB
Sunartono
Bertemu Aqua Dwipayana, Danrem 074 Bahas soal Pendidikan hingga Rambut & Perut Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana (kanan) saat silaturahmi dengan Danrem 074/Warastratama Kolonel Inf Rudy Saladin di kantornya pada Selasa siang, 28 September 2021. - Ist/dok.

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO---Pertemuan dengan pejabat tidak selalu membicarakan hal-hal serius. Bisa juga topiknya yang ringan namun bermakna. Itulah yang dilakukan Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana saat silaturahim dengan Danrem 074/Warastratama Kolonel Inf Rudy Saladin di kantornya pada Selasa siang, 28 September 2021 lalu di kantornya.

Selama diskusi Aqua dan Rudy juga membicarakan topik yang ringan-ringan namun mendasar. Salah satu topik menarik yang mereka diskusikan adalah tentang rambut dan perut. Menurut mantan Sekretaris Pribadi Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Purn Mulyono itu, dirinya sangat memperhatikan kedua hal tersebut.

Advertisement

BACA JUGA : Aqua Dwipayana: Komunikasi Senjata Utama Prajurit TNI

Rudy kemudian menunjukkan foto saat sebagian rambutnya rontok. Setelah diobati, hanya hitungan bulan sudah tumbuh subur kembali. Kepada Aqua, Rudy menyampaikan nama dan nomor ponsel orang yang dapat membantu mengobati rambut agar tumbuh subur.

"Silakan Mas Aqua hubungi orangnya di nomor telefon genggam yang saya berikan. Insya Allah bakal direspons dan diberi petunjuk termasuk jadwal untuk berobat guna pengecekan rambutnya," jelas Rudy.

Semua informasi dari Rudy sangat bermanfaat. Terutama oleh mereka yang selama ini bermasalah pada rambutnya. Terkait dengan perut, Rudy melanjutkan, sebagai komandan berusaha agar tetap stabil, tidak buncit. Itu sangat penting karena terkait dengan penampilannya termasuk di depan seluruh anak buah.

"Jadi saya selalu memperhatikan dua hal itu yakni rambut dan perut. Ini menyangkut dengan kewibawaan seorang komandan terutama di depan para anak buahnya," papar Rudy.

Rudy tidak ragu-ragu berbagi pada siapa saja yang menanyakan tipsnya untuk menjaga rambut dan perut. Dia dengan senang hati menyampaikan berbagai pengalamannya tentang dua hal itu.

Melihat penampilannya yang gagah termasuk rambutnya yang tumbuh subur dan perutnya yang ramping, semua orang yang mendengarkan penjelasan Rudy tentang dua hal itu pasti yakin dan percaya.

Mereka juga mendiskusikan tentang pendidikan. Sebagai lulusan terbaik (Adhi Makayasa) di angkatannya, Rudy sangat peduli pada pendidikan. Pria kelahiran Makassar, Sulawesi Selatan, pada 17 September 1975 itu adalah alumni S2 dari salah satu perguruan tinggi terkemuka di Amerika. Yakni di Hubungan Internasional Webster University St. Louis, Missouri, Amerika.

Peduli Pendidikan

Sebelumnya Rudy pernah mengenyam pendidikan militer di Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat di US Army Command and General Staff College Fort Leavenworth, Amerika Serikat. Kemudian mengikuti Advanced Infantry Officers Course (sekolah lanjutan perwira) SAFTI Singapura.

Saat Aqua bercerita pengalamannya kuliah S3 di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran (Fikom Unpad) Bandung, Rudy antusias menyimak. Itu menunjukkan perhatiannya yang besar pada Ilmu Komunikasi.

Tiba-tiba Rudy berkomentar, "Apa saya kuliah S3-nya ambil Ilmu Komunikasi saja seperti Mas Aqua? Ilmu ini kan dinamis sekali dan sangat penting di semua aspek kehidupan manusia termasuk pada pekerjaan saya sebagai tentara."

BACA JUGA : Aqua Dwipayana dan Savero Karamiveta Kolaborasi 

Mendengar itu Aqua dengan semangat mendorong Rudy agar kuliah di Ilmu Komunikasi. Karena saat ini tugas di Solo maka disarankan kuliahnya di Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Negera Sebelas Maret (UNS).

"Pas banget Mas Aqua. Beberapa hari lalu saya baru saja ketemu Rektor UNS Bapak Prof Jamal Wiwoho. Menurutnya banyak pilihan program studinya. Setelah diskusi dengan Mas Aqua, saya mantap memilih Ilmu Komunikasi," tutur Danrem pertama di angkatannya sambil tersenyum.  

 Bapak dari Alira Vania Putri Dwipayana dan Savero Karamiveta Dwipayana itu menyatakan siap membantu Rudy secara optimal jika memang membutuhkannya ketika sedang kuliah S3 di program studi (prodi) Ilmu Komunikasi.

Menurut penulis banyak buku "super best seller" itu, dilihat dari pengalaman Rudy termasuk saat menjadi ajudan Presiden Joko Widodo, sudah lebih dari kuliah S3. Namun dia harus menempuh pendidikan tersebut secara formal.

Dr Aqua meyakinkan Rudy bahwa mantan Danbrigif Mekanis Raider 6/Tri Sakti Balajaya Palur, Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah itu insya Allah mampu secara paralel melaksanakan kuliah sambil kerja. Apalagi selama ini dia sudah terbiasa melaksanakan berbagai pekerjaan sekaligus.

"Saya yakin saat nanti di kelas, para dosen dan teman-teman Mas Rudy akan banyak menyimak pengalaman Mas Rudy. Terutama ketika menjadi ajudan Presiden Joko Widodo yang pasti banyak menariknya. Hanya sedikit orang yang mendapat kesempatan langka tersebut," ujar Aqua.

Selain itu Dr Aqua juga meyakini bakal banyak dosen di tempat Rudy kuliah yang mengajukan diri jadi promotornya. Penyebabnya selain Rudy pintar, juga pengalamannya banyak sekali.

"Insya Allah kuliah S3 Mas Rudy lancar. Jadi sebaiknya segera dimulai. Nanti tanpa terasa, Mas Rudy telah menjalaninya dan dapat menuntaskannya. Kemudian meraih gelar doktor," ungkap Dr Aqua kembali menyemangati Rudy.

Familiar

Rudy dilantik jadi Danrem 074/Warastratama oleh Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Rudianto pada Kamis, 2 September 2021 di Semarang. Menggantikan Kolonel Inf Deddy Suryadi yang dipromosi menjadi Wakil Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus.

Dia bukanlah orang baru di kawasan Karesidenan Surakarta. Sebelumnya Rudy pernah menjabat sebagai Danbrigif Mekanis Raider 6/Tri Sakti Balajaya pada 2017 hingga 2018.

BACA JUGA : Dr Aqua Dwipayana Beri Motivasi Puluhan Anak Yatim

Rudy mengatakan ketika menjabat Danbrigif Mekanis Raider 6/Tri Sakti Balajaya sering datang  ke Korem 074/Warastratama untuk koordinasi. Sehingga dia cukup familiar dengan kantor yang sekarang dipimpinnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal KRL Solo-Jogja, Berangkat dari Palur Rabu 24 April 2024

Jogja
| Rabu, 24 April 2024, 01:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement