Ironis, Anggota Tim Saberpungli Kena Pungli, Ini Reaksi Mahfud MD

Sosiolog Universitas Indonesia Imam Prasodjo. - Istimewa
18 September 2021 22:37 WIB Wibi Pangestu Pratama News Share :

Bisnis.com,JAKARTA — Anggota Tim Sapubersih Pungutan Liar atau Saberpungli Imam Prasodjo diperas dan menjadi korban pungutan liar. Kasus langsung diusut.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD melalui akun Twitternya, @mohmahfudmd. Cuitan itu dibuat pada Sabtu (18/9/2021).

Mahfud menjelaskan, Imam yang merupakan anggota Tim Saberpungli justru terkena pungutan liar. Padahal, Imam memiliki tanahnya secara legal, dibuktikan dengan sejumlah dokumen.

"Tim Sapubersih Pungutan Liar (Saberpungli) Imam Prasodjo yang memagari tanahnya yang sudah dibeli secara sah dan ada sertifikat hak milik (SHM) diperas dan dipungli oleh preman dan oknum di Sukamakmur Bogor," cuit Mahfud pada Sabtu (18/9/2021).

Kejadian itu menambah daftar kasus pemerasan dan pungutan liar atas tanah yang sudah dimiliki. Hal tersebut terjadi dan kerap meresahkan pemilik tanah yang sah.

Mahfud mengaku heran, karena kasus pungli justru menimpa anggota Tim Saberpungli.

Mahfud menjelaskan kasus itu segera diusut. Pelaku dinilai bertindak dengan amat salah, karena anggota Tim Saberpungli yang menjadi korban pungli justru dengan cepat akan mengusut kasusnya.

"Petugas Saberpungli kok akan dipungli, ya langsung lapor untuk diusut," cuit Mahfud.

Sumber : JIBI/Bisnis.com