Advertisement

Pastikan Akurasi Data Covid-19, Wagub Jateng Usul Ada Verifikator

Newswire
Sabtu, 28 Agustus 2021 - 13:47 WIB
Nina Atmasari
Pastikan Akurasi Data Covid-19, Wagub Jateng Usul Ada Verifikator Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SEMARANG- Guna menjamin akurasi data Covid-19, Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen mengusulkan pembentukan tim verifikator untuk mengecek dan memeriksa data yang masuk di tingkat kecamatan.

"Pendataan yang cepat, akurat, dan sinkron sangat dibutuhkan dalam upaya pencegahan penularan dan penanganan pasien COVID-19," katanya di Semarang, Jumat (27/8/2021).

Gus Yasin, sapaan akrab Wagub Jateng menyebut selama ini tidak sedikit data di tingkat Puskesmas yang terlambat akibat pendataan masih dibebankan kepada tenaga medis yang memiliki tugas pokok pelayani pasien.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Baca juga: Segini Ketersediaan Bed RS untuk Pasien Covid-19 di Bantul

Menurut dia, keterbatasan jumlah tenaga medis dan penambahan tugas memasukkan data sekaligus memverifikasi membuat para tenaga kesehatan kewalahan.

Jika di satu kecamatan dilaporkan ada satu warga positif dan dilakukan pelacakan, lanjut Gus Yasin, tim verifikator akan turun untuk mengecek.

"Mereka akan memastikan data dalam laporan, seperti alamat, 'tracing', serta kondisi pasien COVID-19 yang tercatat sudah sesuai dan sinkron dengan data di tingkat kabupaten, provinsi, pusat, serta data lembaga lainnya seperti TNI/Polri," ujarnya.

Penjabat Sekda Jateng Prasetyo Aribowo menambahkan klaster COVID-19 yang ada di Jateng masih didominasi oleh klaster keluarga disusul klaster perusahaan.

Advertisement

Sumber : Antara

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Hajad Dalem Sekaten 2022 Kembali Digelar Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat

Jogja
| Selasa, 04 Oktober 2022, 11:57 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement