Advertisement

Puan Maharani Dukung Jokowi dalam Mengatasi Pandemi Covid-19

Newswire
Sabtu, 28 Agustus 2021 - 04:17 WIB
Nina Atmasari
Puan Maharani Dukung Jokowi dalam Mengatasi Pandemi Covid-19 Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani. - Ist/ Dok DPR RI

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA- Ketua DPR RI Puan Maharani bersama para pimpinan lembaga tinggi negara bertemu Presiden Joko Widodo, di Istana Negara, Jumat (27/8/2021). Pada kesempatan itu, Puan mengatakan lembaganya memberikan dukungan kepada pemerintah dalam mengatasi pandemi COVID-19.

"DPR berkomitmen bersama-sama pemerintah bahu membahu menangani pandemi COVID-19. DPR RI memberikan apresiasi dan dukungan atas upaya pemerintah dalam bertindak cepat untuk mengatasi pandemi dan dampaknya pada bidang kesehatan, sosial, ekonomi, dan budaya,” kata Puan dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Advertisement

Puan mengatakan dirinya dalam pertemuan tersebut menyampaikan agar pemerintah terus meningkatkan kinerjanya dalam penanganan pandemi yang diperlihatkan melalui kebijakan yang solid, implementasi yang bersinergi, dan adanya "holding statement" yang sama.

Baca juga: Kasus Covid-19 dan BOR RS di DIY Turun, Masyarakat Diminta Tetap Disiplin Prokes

Dalam pertemuan itu, menurut dia, Presiden Jokowi menyampaikan perkembangan penanganan pandemi COVID-19, termasuk program vaksinasi nasional. Indonesia saat ini berada pada peringkat ke-7 negara dengan vaksinasi terbanyak di dunia.

"Semangat gotong royong menghadapi COVID-19 sangat dibutuhkan, DPR RI akan terus membantu penanganan pandemi yang dilakukan pemerintah demi penyelamatan rakyat. Saatnya semua elemen bangsa bersatu melawan musuh bersama," ujarnya.

Puan mengingatkan pentingnya soliditas pada masa pandemi COVID-19 dan meminta agar jajaran pemerintah satu suara dalam menerapkan kebijakan. Menurut dia, teknis di lapangan memang terkadang dinamis, namun segala kekurangan bisa diperbaiki.

"Saya pribadi optimistis Indonesia bisa melewati badai ini jika semua elemen bangsa bersatu dan mau memikul beban bersama-sama," katanya.

Baca juga: Terdampak Covid-19, 600 PKL Malioboro Dapat Bantuan Modal Usaha

Menurut dia, dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi membahas mengenai pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) yang telah berjalan beberapa bulan dan berhasil menekan lonjakan kasus COVID-19.

Menanggapi hal itu, Puan meminta pemerintah membuat desain kuat penanganan COVID-19 pada Rancangan APBN 2022 karena penting sebagai antisipasi munculnya varian-varian baru COVID-19.

"Kementerian/lembaga agar menerapkan belanja kebutuhan dengan lebih baik sekaligus agar pembangunan prioritas dan pelayanan umum tetap berjalan," ujarnya.

Selain itu, menurut Puan, dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi mengungkap rencana pembangunan ibu kota negara (IKN) baru akan tetap berjalan, namun menunggu waktu yang tepat.

Menurut dia, DPR bisa menerima hal tersebut namun semua hal terkait regulasi dan teknis harus bisa dipersiapkan dengan baik, matang, dan perlu dikoordinasikan lebih lanjut dengan DPR RI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Viral Balon Udara Tiba-tiba Mendarat di Runway Bandara YIA

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 08:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement