Advertisement

Menhub Dorong Stakeholder Dirikan Sentra Vaksinasi di Bandara

Anitana Widya Puspa
Kamis, 19 Agustus 2021 - 22:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Menhub Dorong Stakeholder Dirikan Sentra Vaksinasi di Bandara Ilustrasi WNA di Bandara - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan mendorong percepatan layanan digitalisasi dan vaksinasi di bandara supaya dapat mendukung upaya pemulihan ekonomi dan pariwisata di tengah pandemi Covid-19.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan peningkatan pelayanan transportasi harus terus dilakukan karena mempunyai peranan penting dalam mendukung upaya pemulihan ekonomi nasional. Hal tersebut, dapat dilakukan dengan inovasi baru baik dari segi bisnis dan teknologi digitalisasi yang dapat dikembangkan dan disinergikan dengan seluruh pemangku kepentingan di sektor transportasi dan pariwisata.

Advertisement

Menhub juga meminta seluruh stakeholder penerbangan juga bersinergi, mendukung kebijakan pemerintah dalam upaya menekan penyebaran Covid-19, seperti menggelar sentra vaksinasi di bandara-bandara agar terwujud kekebalan komunal atau herd immunity.

“Kita harus bersinergi dengan sektor lain seperti misalnya sektor pariwisata dan juga sektor teknologi informasi agar dapat melakukan inovasi yang lebih strategis dalam upaya meningkatkan layanan penerbangan nasional,” ujarnya melalui siaran pers, Kamis (19/8/2021).

Sementara itu, Direktur Utama AP II M. Awaluddin mengatakan pihaknya terus mengembangkan implementasi konsep smart airport berbasis teknologi digital untuk mengoptimalkan operasional bandara.

“Kami ingin menjadikan pengelolaan infrastruktur dan sistem operasi bandara menjadi smart connected airports. Jadi suatu bandara yang terkoneksi dan pintar," katanya.

Awaluddin menjelaskan pihaknya tengah mengembangkan konsep Smart Airport yang berpegang pada 3 hal atau 3 C yaitu Commitment, Consistency, dan Collaboration.

“Commitment adalah seluruh jajaran mempunya visi yang sama membangun AP II dengan pedekatan sebuah bandara yang terkoneksi dan pintar di masa depan. Consistensy adalah bagaimana konsistensi harus betul-betul terimplementasi dan terjaga dengan baik. Yang terakhir Collaboration adalah kolaborasi dengan para pemangku kepentingan lainnya menjadi sebuah hal yang prioritas,” terangnya.

#ingatpesanibu #sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Stok Darah di DIY Menipis, PMI: Aktivitas Donor di Luar Belum Banyak

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 20:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement