Advertisement

Terungkap! Ribuan Kotak Amal Ternyata Jadi Sumber Dana Teroris JI

Sholahuddin Al Ayyubi
Senin, 16 Agustus 2021 - 19:27 WIB
Bhekti Suryani
Terungkap! Ribuan Kotak Amal Ternyata Jadi Sumber Dana Teroris JI Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Kombes Pol Ahmad Ramadhan, Rabu (14/4/2021). - Antara\\r\\n\\r\\n

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror telah mengamankan 1.540 kotak amal yang digunakan oleh kelompok teroris Jamaah Islamiyah (JI) menggalang dana untuk kegiatan teror di Indonesia.

Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan mengemukakan bahwa ribuan kotak amal tersebut merupakan milik Syam Organizer-lembaga kemanusiaan yang terafiliasi dengan kelompok teroris JI di Indonesia.

Advertisement

Menurut Ramadhan, Syam Organizer dibentuk JI khusus untuk menampung dana masyarakat dan mengkamuflase dengan kegiatan amal, ibadah serta sedekah.

Namun kenyataannya, dana dari kotak amal tersebut digunakan untuk membantu pendanaan teroris JI.

BACA JUGA: Kalurahan Zona Merah di Sleman Tinggal Separuh

"Syam Organizer ini yayasan kemanusiaan milik organisasi JI yang berkantor di Jakarta Pusat dengan tujuan untuk menggalang dana sekaligus menarik simpati masyarakat melalui sejumlah program kemanusiaan mereka," tuturnya, Senin (16/8/2021).

Selain itu, kata Ramadhan, Syam Organizer itu juga digunakan kelompok teroris JI untuk menghindari kecurigaan aparat, sehingga kelompok teroris itu bisa menghimpun dana dari masyarakat secara leluasa.

"Jadi mereka bisa bergerak secara leluasa dalam melakukan penggalangan dana sehingga mereka bisa mendaptkan dana yang maksimal lewat Syam Organizer ini," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pilkada Kulonprogo: Pendaftaran Panwascam Dibuka, Kebutuhan Formasi Menunggu Hasil Tes

Kulonprogo
| Sabtu, 27 April 2024, 07:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement