Advertisement

Pemakaman Jenazah KGPAA Mangkunagoro IX Digelar Tertutup, Puluhan Pelayat Nekat Menunggu

JIBI
Minggu, 15 Agustus 2021 - 15:27 WIB
Nina Atmasari
Pemakaman Jenazah KGPAA Mangkunagoro IX Digelar Tertutup, Puluhan Pelayat Nekat Menunggu Jenazah KGPAA Mangkunagoro XI tiba di Astana Girilayu, Matesih, Karanganyar diiringi keluarga Minggu (15/8/2021). - Solopos/Candra Mantovani

Advertisement

Harianjogja.com, KARANGANYAR – Pemakaman jenazah KGPAA Mangkunagoro IX di Astana Girilayu, Matesih, Karanganyar, dilakukan secara cepat, Minggu (15/8/2021).

Puluhan pelayat ikut datang dan rela menunggu di luar area pemakaman lantaran prosesi yang dilakukan secara tertutup.

Advertisement

Jenazah KGPAA Mangkunagoro IX tiba di Astana Girilayu sekitar pukul 11.30 WIB. Rombongan tiba didampingi keluarga dan abdi dalem. Salah satu yang datang adalah putra KGPAA Mangkunagoro IX, GPH Paundrakarna Jiwa Suryanegara.

Selain pihak keluarga, puluhan warga yang ikut melayat juga datang meskipun hanya bisa di depan lokasi pemakaman.

Baca juga: Katgama Gelar Vaksinasi dengan Sasaran 5.200 Dosis

Setelah tiba di lokasi, jenazah almarhum diserahkan dari pihak Pura Mangkunegaran diwakili Wedhono Satrio, KRMT Lilik Priharso Tirto Diningrat, kepada juru kunci Astana Girilayu, Hadi Suyamto. Proses penyerahan dilakukan dengan singkat sekitar 5 menit. Setelah penyerahan, jenazah langsung dibawa masuk ke lokasi untuk dikebumikan.

Salah satu pelayat asal Colomadu, Sumarni Sugeng Sumaryono, mengatakan rela jauh-jauh datang ke Astana Girilayu untuk melayat lantaran mengaku memiliki banyak kenangan bersama almarhum. Dia mengaku anggota keluarganya yang merupakan abdi dalem diperlakukan baik oleh almarhum selama mengabdi.

Baca juga: Pembobolan ATM di Minimarket Mertoyudan Terungkap, Pelakunya 2 Pengemudi Taksi Online

“Ini penghormatan terakhir saya untuk almarhum. Meskipun tidak bisa masuk, tapi saya rela datang bersama keluarga saya. Tidak apa-apa dari luar. Yang penting bisa mendoakan kepada almarhum,” ungkap dia kepada Solopos.com.

Diberitakan sebelumnya, prosesi pemakaman KGPAA Mangkunagoro IX dilakukan secara tertutup. Pelayat yang tidak mendapatkan izin tidak diperbolehkan masuk ke lokasi pemakaman. Untuk mengantisipasi adanya warga yang masuk sukarelawan, polisi, TNI, serta Satpol PP Karanganyar ikut menjaga pintu masuk pemakaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kembangkan Digitalisasi UMKM, Pemkot Libatkan Mahasiswa

Jogja
| Selasa, 16 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement