PPKM Diperpanjang, Ini Daftar 12 Kabupaten Kota Sukses Turun Status ke Level 3

Peta zonasi kasus Covid-19 di Indonesia - covid19.go.id
04 Agustus 2021 10:57 WIB Aprianus Doni Tolok News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasimito menyampaikan bahwa tak hanya Kabupaten Tasikmalaya yang bertatus Level 2 di Pulau Jawa dan Pulau Bali dalam perpanjangan PPKM berbasis level pada periode 3-9 Agustus 2021.

“Terdapat satu kabupaten di wilayah Pulau Jawa-Bali yang berhasil menurunkan status daerahnya menjdi level 2 yaitu Kabupaten Tasikmalaya. Kami apresiasi kepada 12 kabupaten/kota yang turun dari level 4 ke 3," katanya dalam konferensi pers, dikutip dari YouTube Setpres, Selasa (3/8/2021).

BACA JUGA : Perpanjangan PPKM Level 4, Penyekatan di DIY Diperlonggar

Adapun, 12 kabupaten/kota yang berhasil menurunkan status level 4 ke level 3 itu adalah Kota Serang, Kabupaten Karawang, Kota Tasikmalaya untuk Provinsi Jawa Barat.

Lalu, di Jawa Tengah sebanyak 6 kabupaten/kota yaitu Kabupaten Jepara, Kabupaten Tegal, Kabupaten Pati, Kabupaten Temanggung, Kabupaten Kudus, dan Kabupaten Banjarnegara.

Sementara itu, 3 kabupaten/kota di Jawa Timur yang berhasil turun ke level 3 yaitu Kabupaten Tuban, Kabupaten Jember, dan Kabupaten Bojonegoro.

Adapun, Presiden Joko Widodo atau Jokowi memutuskan memperpanjang masa PPKM berbasis level se-Jawa dan Bali yaitu pada 3-9 Agustus 2021.

Wiku juga menambahkan, ada sedikit perbedaan aturan antara PPKM periode tersebut jika dibandingkan dengan sebelumnya.

BACA JUGA : Sejumlah Pekerja Kehilangan Mata Pencaharian selama PPKM

“Pertama tempat kegiatan makan minum di wilayah Jawa Bali diatur maksimal boleh beroperasi sampai jam 20.00 waktu setempat,” katanya.

Lalu, pemerintah memberikan otoritas lebih kepada bupati/walikota yang daerahnya berstatus level 2 dan level 3 untuk melakukan pengaturan pembatasan kegiatan masyarakat secara lebih ketat jika diperlukan sesuai kondisi wilayahnya masing-masing.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia