Ratusan Tabung Oksigen Disalurkan ke Sejumlah Rumah Sakit di DIY

Perwakilan rumah sakit menerima bantuan oksigen, Selasa (27/7/2021). - Ist.
28 Juli 2021 09:57 WIB Sunartono News Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Ratusan tabung oksigen disalurkan ke sejumlah rumah sakit di DIY oleh Universitas Ahmad Dahlan (UAD). Bantuan oksigen tersebut untuk membantu mengurangi krisis oksigen yang terjadi di wilayah DIY.

Rektor UAD Muchlas menjelaskan penyaluran tabung oksigen itu menjadi salah satu bentuk kepedulian kampus terhadap persoalan kemanusiaan khususnya di masa pandemi. Mengingat rumah dan sakit layanan kesehatan atau masyarakat secara umum merasa kekurangan dalam penyediaan oksigen.

“Dari sana kami tergerak untuk membantu menangani krisis oksigen. Ada 108 tabung, tahap pertama kami siapkan. Nanti akan tindak lanjut, karena agak sulit mengakses produk oksigen butuh strategi tertentu dengan memanfaatkan jaringan,” katanya dalam rilisnya, Selasa (27/7/2021).

Ia menambahkan rumah sakit yang diberikan bantuan oksigen tersebut antara lain RS UAD, RS PKU Bantul, RS PKU Kotagede, RS PKU Pakem, RS PKU Nanggulan. Selain rumah sakit, tabung tersebut juga didistribusikan ke masyarakat secara langsung terutama yang membutuhkan melalui Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY.

“Kami mendapatkan oksigen ini dari salah satu perushaan swasta di Jawa Barat, setelah melalui proses cukup panjang. Selain rumah sakit akan didistribusikan juga ke warga, sudah ada beberapa warga yang memesan, ini kami berikan secara gratis. Nanti kami upayakan sumber lain yang bisa diakses untuk membantu oksigen, tahap kedua akan dilakukan pengisian ulang tabung,” ujarnya.