Nakes Jadi Prioritas Akses Vaksin Moderna

Vaksin Moderna
09 Juli 2021 20:27 WIB Edi Suwiknyo News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Pemerintah akan memberikan vaksinasi ketiga kepada tenaga kesehatan (nakes). Jenis vaksin yang diberikan adalah vaksin Moderna yang didatangkan dari Amerika Serikat.

“Vaksinasi ketiga hanya diberikan kepada nakes, karena mereka yang setiap hari bertemu dengan virus Corona, mereka harus dilindungi mati-matian,” kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Jumat (9/7/2021).

Menkes menjelaskan bahwa pihaknya sudah berdiskusi dengan BPOM dan otoritas terkait, sebagai penasihat independen program vaksinasi. “Dan vaksin yang akan diberikan adalah vaksin Moderna. Dengan demikian bisa memberikan kekebalan maksimal terhadap nakes,” imbuhnya.

Adapun, eks Wamen BUMN ini menjelaskan bahwa vaksin Moderna akan tiba di Indonesia secara bertahap. Ada 4 juta dosis vaksin. “Vaksin ini akan datang pada hari Minggu dan diharapkan vaksinasi dimulai pekan depan,” jelasnya.

Seperti diketahui, sebuah studi di laboratorium mengindentifikasi vaksin Moderna menghasilkan antibodi penawaran pada virus Delta.

Dilansir dari CNA, Kamis (1/7/2021) penelitian tersebut dilakukan pada serum darah dari delapan peserta yang diperoleh satu pekan setelah mereka menerima dosis kedua vaksin mRNA-1273.

Vaksin tersebut memicu respons antibodi terhadap semua varian yang diuji, termasuk jadi antibodi varian Delta.

Vaksin Moderna juga menunjukkan jauh lebih efektif melawan varian Beta yang pertama kali diidentifikasi di Afrika Selatan.

Penelitian tersebut juga menyebutkan antibodi penetralisir yang dihasilkan vaksin berkurang enam hingga delapan kali lipat dibandingkan dengan yang diproduksi melawan strain asli.

Vaksin itu bereaksi pada terhadap tiga virus varian Beta terbaru.

Sumber : Bisnis Indonesia