Advertisement

Nakes Jadi Prioritas Akses Vaksin Moderna

Edi Suwiknyo
Jum'at, 09 Juli 2021 - 20:27 WIB
Galih Eko Kurniawan
Nakes Jadi Prioritas Akses Vaksin Moderna Vaksin Moderna

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Pemerintah akan memberikan vaksinasi ketiga kepada tenaga kesehatan (nakes). Jenis vaksin yang diberikan adalah vaksin Moderna yang didatangkan dari Amerika Serikat.

“Vaksinasi ketiga hanya diberikan kepada nakes, karena mereka yang setiap hari bertemu dengan virus Corona, mereka harus dilindungi mati-matian,” kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Jumat (9/7/2021).

Advertisement

Menkes menjelaskan bahwa pihaknya sudah berdiskusi dengan BPOM dan otoritas terkait, sebagai penasihat independen program vaksinasi. “Dan vaksin yang akan diberikan adalah vaksin Moderna. Dengan demikian bisa memberikan kekebalan maksimal terhadap nakes,” imbuhnya.

Adapun, eks Wamen BUMN ini menjelaskan bahwa vaksin Moderna akan tiba di Indonesia secara bertahap. Ada 4 juta dosis vaksin. “Vaksin ini akan datang pada hari Minggu dan diharapkan vaksinasi dimulai pekan depan,” jelasnya.

Seperti diketahui, sebuah studi di laboratorium mengindentifikasi vaksin Moderna menghasilkan antibodi penawaran pada virus Delta.

Dilansir dari CNA, Kamis (1/7/2021) penelitian tersebut dilakukan pada serum darah dari delapan peserta yang diperoleh satu pekan setelah mereka menerima dosis kedua vaksin mRNA-1273.

Vaksin tersebut memicu respons antibodi terhadap semua varian yang diuji, termasuk jadi antibodi varian Delta.

Vaksin Moderna juga menunjukkan jauh lebih efektif melawan varian Beta yang pertama kali diidentifikasi di Afrika Selatan.

Penelitian tersebut juga menyebutkan antibodi penetralisir yang dihasilkan vaksin berkurang enam hingga delapan kali lipat dibandingkan dengan yang diproduksi melawan strain asli.

Vaksin itu bereaksi pada terhadap tiga virus varian Beta terbaru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kembali Tampil di Pilkada Gunungkidul Tahun Ini, Ini Gagasan yang Diusung Sutrisna Wibawa

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement