Pengamat Politik Prediksi Lebih dari 10 Tokoh Maju Capres 2024. Siapa Mereka?

Ilustrasi. - Freepik
08 Juli 2021 10:27 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA-Pemilihan Presiden masih tiga tahun lagi tetapi sejumlah tokoh mulai diprediksi bakal maju menjadi calon presiden dan wakil presiden pada Pilpres 2024 mendatang.

Tokoh-tokoh tersebut datang dari berbagai kalangan dari mulai kader Partai Politik, Kepala Daerah, hingga profesional.

Setidaknya lebih 10 tokoh berpeluang bertarung di Pilpres 2024. Hal itu disampaikan oleh Pengamat Politik sekaligus Direktur Eksekutif Sulindo, Wempy Hadir dalam acara diskusi daring, Rabu (7/7/2021).

Wempy membagi tokoh-tokoh yang berpeluang tersebut ke dalam tiga kluster yakni dari kader Partai Politik, Kepala Daerah hingga pejabat pemerintah atau kelompok profesional.

Pertama, setidaknya ada 4 tokoh dari kluster kepala daerah yang diprediksi berpeluang maju di 2024 yakni Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Sementara dari kluster parpol, Wempy menyebutkan 6 nama tokoh yakni Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Umun DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto, Elite PDIP Puan Maharani, Ketua Umum DPP Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dan Elite Gerindra Sandiaga Uno.

Kemudian untuk kluster yang ketiga yakni kalangan pejabat/profesional, Wempy menyebut 5 nama yakni Erick Thohir, Mahfud MD, Susi Pudjiastuti, Gatot Nurmantyo, dan Moeldoko.

"Kalau dari klaster kepala daerah saya kira hanya dua figur yang signifikan yaitu pak Anies Baswedan dan pak Ganjar Pranowo. Dengan demikian figur Khofifah dan Ridwan Kamil mungkin sulit untuk diusung parpol," kata Wempy.

Adapun untuk kluster kader parpol, Wempy menyampaikan, nama Prabowo akan diunggulkan lantaran mengingat saat ini tingkat popularitasnya sangat tinggi.

Angka popularitas Prabowo mencapai 93 persen, sementara Sandiaga S Uno 86 persen, Agus Harimurti Yudhoyono 72 persen, Puan Maharani 59,5 persen, Muhaimin Iskandar 40,9 persen, dan Airlangga Hartarto 36,6 persen.

Kemudian yang dari kluster yang terkahir yakni kalangan pejabat/profesional, Wempy menyebut, 3 lebih diunggulkan maju untuk Pilpres 2024 yakni Susi Pudjiastuti, Mahfud MD dan Erick Thohir.

Adapun jika dilihat dari tingkat efektivitas elektabilitas yakni nama Ganjar berada di atas dengan angka 0,26, diikuti oleh Prabowo 0,25, Anies Baswedan 0,18, Sandiaga S Uno 0,08, Ridwan Kamil 0,07, Agus Harimurti Yudhoyono 0,07, Muhaimin Iskandar 0,06, Airlangga Hartarto 0,03, Mahfud MD 0,03, dan terakhir Puan Maharani 0,01.

Sumber : suara.com