Advertisement

Puan Maharani Desak Pemerintah Cari Terobosan Penanganan Pandemi

Newswire
Rabu, 07 Juli 2021 - 12:17 WIB
Sunartono
Puan Maharani Desak Pemerintah Cari Terobosan Penanganan Pandemi Ketua DPR Puan Maharani. - Suara.com/Arya Manggala

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Ketua DPR RI Puan Maharani meminta pemerintah mengambil langkah-langkah terobosan dalam menangani pasien terpapar COVID-19 di Indonesia agar mendapat perawatan memadai.

"Yang dibutuhkan saat ini adalah rumah sakit darurat/lapangan, penderita yang bergejala sedang dan berat sudah tidak tahu mau ke mana lagi karena rumah sakit penuh," kata Puan dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu (7/7/2021).

Advertisement

BACA JUGA : Puan Maharani Minta Pemerintah Terapkan PSBB di Zona

Dia menilai dalam situasi darurat saat ini, dapat dipertimbangkan menambah kapasitas rumah sakit. Puan mencontohkan dengan cara mengaktifkan Kapal Rumah Sakit TNI Angkatan Laut atau KRI DR Suharso dan kapal-kapal Pelni yang dapat dimodifikasi menjadi kapal rumah sakit.

"Bangun rumah-rumah sakit lapangan, bangunan-bangunan yang bisa dialihfungsikan. Tapi jangan 'bussiness as usual', kita harus bertindak dalam ritme kerja kedaruratan," ujarnya.

Mantan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan itu mengatakan langkah terobosan lain yang bisa dilakukan seperti mobilisasi tabung oksigen dari seluruh Indonesia di luar Jawa dan Bali.

Menurut dia, berdasarkan pemantauan dan pengawasan, penanganan pandemi COVID-19 di hulu memiliki sejumlah catatan yang perlu segera diperbaiki dan diantisipasi.

Dia mencontohkan ketersediaan ruang perawatan pasien, ketersediaan oksigen dan obat-obatan, tenaga dan alat kesehatan, pelaksanaan PPKM Darurat.

BACA JUGA : Baliho Puan Maharani Bermunculan di Jatim, Siap-Siap 

"Selain itu penegakan aturan yang tegas, terukur, tanpa pandang bulu, perkuat komunikasi publik dan sosialisasi sehingga masyarakat paham akan bahaya COVID-19 dan penanganannya," katanya.

Politisi PDI Perjuangan itu juga mengapresiasi semua pihak yang bekerja sama dalam menyukseskan kebijakan PPKM Darurat demi menekan penyebaran COVID-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Cara Membeli Tiket KA Bandara Jogja via Online

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement