Hanya Diikuti Keluarga, Pemakamam Jenazah Dalang Ki Manteb Gunakan Prosedur Covid-19

Sejumlah satuan petugas Covid-19 dengan APD lengkap saat proses pemakaman jenazah Dalang Ki Manteb Soedarsono, di pemakaman keluarga RT 02/ RW 08 Desa Doplang Karangpandan Kabupaten Karanganyar, Jumat (2/7/2021). - Antara
02 Juli 2021 15:37 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, KARANGANYAR – Dalang Ki Manteb Soedarsono yang wafat pada usia 73 tahun dimakamkan dengan prosedur sesuai dengan penanganan kasus Covid-19 di Desa Doplang, Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Jenazah Ki Manteb dimakamkan oleh petugas Satgas Covid-19 Kabupaten bersama relawan dengan alat pelindung diri (APD) lengkap, dan berangkat dari rumah duka di Dusun Sekiteran, Desa Doplang, Kecamatan Karangpandan Karanganyar, pada Jumat pukul 13.00 WIB.

Pemakaman jenazah Ki Manteb yang semua dilaksanakan oleh Satgas Covid-19 Kabupaten Karanganyar dengan APD lengkap menuju ke tempat pemakaman keluarga, tidak jauh dari rumah duka atau masih satu RT 02/ RW 08 Desa Doplang.

Baca juga: Kamis Dites Covid Hasilnya Positif, Jumat Pagi Ki Manteb Meninggal Dunia

Pemakaman jenazah dalang kondang asal Karanganyar tersebut selain petugas pemakaman Satgas Covid-19 dengan mengenakan APD lengkap, dan hanya diikuti sejumlah orang dari pihak keluarga Ki Manteb, saat mengantar ke tempat peristirahatan terakhir di Makam Keluarga Swana desa setempat.

Menurut Sekretaris Desa Doplang Ade Irawan karena Pak Manteb Soedarsono meninggal dunia dari hasil tes usap antigen dinyatakan positif Covid-19, maka pemakaman diserahkan ke Satgas Covid-19 Kabupaten Karanganyar dan relawan.

Proses pemakaman pak Manteb, kata dia, melalui proses pemakaman kasus Covid-19, sehingga warga yang akan melayat di rumah duka dilarang. Pemakaman jenazah Ki Manteb sesuai prokes berangkat dari rumah duka, sekitar pukul 13.00 WIB.

Selain tim Satgas Covid-19 yang mengantar proses pemakaman jenazah Ki Manteb hingga ke pemakaman keluarga, juga sejumlah orang dari pihak keluarga.

Sementara itu, Ketua Seniman Sekar Kabupaten Karanganyar Joko Dwi Suranto menjelaskan, Ki Manteb Soedarsono seorang maestro murni di bidang perdalangan, tetapi beliau sangat perduli dengan kesenian lain apapun jenisnya.

"Saya yang berkesan dengan Ki Manteb, beliau tidak pilih-pilih untuk membagikan ilmunya ke seniman apapun. Kalau bidang pedalangan baik seniman muda yang masih belajar maupun tingkat senior selalu terbuka untuk keilmuannya," katanya.

Sumber : Antara