YPA-MDR Jadi Penggerak Kemajuan Pendidikan Indonesia di Wilayah Prasejahtera

SDN Karyasari 3, salah satu sekolah binaan YPA-MDR di Leuwiliang - Bogor mulai melakukan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. - Istimewa
25 Mei 2021 21:47 WIB Media Digital News Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Yayasan Pendidikan Astra Michael D. Ruslim (YPA-MDR) yang secara khusus didirikan oleh PT Astra International Tbk membentuk 116 Kampung Berseri Astra dan 755 Desa Sejahtera Astra di 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Ini merupakan program Kontribusi Sosial Berkelanjutan Astra yang diimplementasikan kepada masyarakat dengan konsep pengembangan yang mengintegrasikan 4 pilar program yaitu Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, dan Kewirausahaan.

YPA-MDR melalui pola pembinaan 4 pilar & konsep Sekolah Eskalator mampu melahirkan wilayah binaan menjadi sekolah yang berdampak pada pemberdayaan masyarakat menjadi Desa Sejahtera.

Pola pembinaan YPA-MDR yang diberikan kepada sekolah binaan meliputi aspek akademis, karakter, kecakapan hidup, dan seni budaya. YPA-MDR juga melakukan revitalisasi komite sekolah, serta  ICT Based School – Aplikasi School Collaborations System (SCS), ISO 9001:2015, pendampingan Sekolah Adiwiyata, dan Greenhouse.

Di KBA Gedangsari, Gunungkidul, YPA-MDR Astra membentuk Komunikas Pembatik Cilik. Ini adalah sebuah proyek kolaborasi dan sinergi antara Astra Group dan Kampung Berseri Astra (KBA) Tegalrejo Gedangsari dalam menggarap  tempat wisata batik karya Komunitas Pembatik Cilik binaan YPA-MDR.

Komunitas Pembatik Cilik ini terdiri dari siswa-siswa lintas sekolah binaan di area Gedangsari. Para siswa merupakan anak-anak yang terpilih dari setiap sekolah binaan dikarenakan minat dan bakat khusus mereka dalam hal membatik.

Di masa pandemi, YPA-MDR memberikan perhatian penuh serta tetap memantau kondisi kesehatan dan proses kegiatan belajar mengajar secara online kepada seluruh waga sekolah binaan. Program-program yang dilakukan sebagai berikut. Pertama, program pelatihan interaktif  atau webinar untuk seluruh sekolah binaan dengan tema akademik dan non-akademik. Kedua, pembuatan modul pembelajaran berisikan ringkasan materi, contoh soal, dan latihan soal yang bisa dijadikan bahan belajar siswa dirumah. Ketiga, membuat Video pembelajaran untuk siswa, dan mengarahkan siswa untuk mengikuti pembelajaran yang terdapat pada stasiun televisi nasional

YPA-MDR juga menghimbau sekolah binaan YPA-MDR dan masyarakat luas dapat mulai melakukan pengurangan limbah plastik yang dihasilkan dari aktivitas di dalam dan luar sekolah.

YPA-MDR sebagai Penggerak Kemajuan Pendidikan Indonesia di Wilayah Prasejahtera berharap dengan penuh optimisme dapat menjadikan generasi muda yang berprestasi, mandiri, berkarakter baik dan mampu membangun daerahnya. Sesuai dengan filosofi Catur Dharma yang diyakini Astra, yaitu “Menjadi Milik yang Bermanfaat bagi Bangsa dan Negara”. Astra akan tetap berkontribusi untuk kemajuan pendidikan Indonesia dan mewujudkan cita-cita para pendirinya yaitu “Sejahtera Bersama Bangsa.”