PLN Demak Lakukan Pangkas Pohon Tanpa Padam

PLN UP3 Demak melakukan kegiatan pemangkasan pohon di kawasan Jalan Demak - Purwodadi. - Ist/dok PLN
25 Mei 2021 15:07 WIB Media Digital News Share :

Harianjogja.com, DEMAK- Untuk mengurangi potensi penyebab terjadinya pemadaman akibat gangguan pohon roboh, PLN UP3 Demak melakukan kegiatan pemangkasan pohon di kawasan Jalan Demak – Purwodadi.

Kegiatan ini dilakukan tanpa pemadaman dengan mengerahkan Tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) dengan tujuan agar masyarakat tetap nyaman dalam beraktivitas. Tim PDKB yang ikut dalam kegiatan ini sejumlah 7 orang dan dibantu Personil Pelayanan Teknik (Yantek) PLN ULP Demak sejumlah 9 orang.

“Kegiatan pemangkasan dan penebangan pohon ini dilakukan untuk pohon yang dekat dengan jaringan PLN menjadi potensi penyebab gangguan, terutama pohon yang kurang dari jarak aman (right of way) atau kurang dari 3 meter dari jaringan PLN,” kata Ahmad Samsuri selaku Manager PLN UP3 Demak.

Baca juga: Servis Injektor Sepeda Motor Jangan Diabaikan, Ini Alasannya

Salah satu penyebab gangguan jaringan listrik adalah gangguan pohon. Oleh karena itu kegiatan ini dilakukan secara rutin oleh PLN. Adapun pohon yang dipangkas dan ditebang berdasarkan dari hasil inspeksi jaringan oleh PLN dan sebagian laporan dari masyarakat.

Ahmad menambahkan, kegiatan ini bertujuan untuk keandalan pasokan listrik dan memberikan keamanan dilingkungan sekitar jaringan listrik.

“Karena tidak ada yang lebih penting di bandingkan jiwa manusia, sehingga Keselamatan ketenagalistrikan menjadi salah satu prioritas sekaligus menjadi perhatian bersama dan diharapkan kegiatan ini dapat terlaksana baik,” imbuhnya.

Pihaknya berharap kegiatan ini juga didukung oleh masyarakat dalam menjaga keselamatan ketenagalistrikan dengan melaporkan pohon yang sudah mendekati jaringan PLN agar dapat dilaporkan melalui PLN Mobile atau contact center PLN 123.