Diduga Kelelahan, Mahasiswa UNS Meninggal di Kamar Kos

Ilustrasi. - Freepik
24 Mei 2021 17:47 WIB Akhmad Ludiyanto News Share :

Harianjogja.com, SOLO—Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, PR, meninggal dunia di kamar indekosnya di Jl. Ki Hajar Dewantara, Kentingan, Jebres, Solo, Jumat (21/5/2021) pekan lalu.  Mahasiswa Porgram Studi (Prodi) Sejarah Fakultas Ilmu Budaya (FIB) angkatan 2016 tersebut diduga kelelahan.

Ketua Prodi Sejarah, FIB, Susanto mengonfirmasi bahwa PR adalah salah satu mahasiswanya. “Iya benar. Almarhumah adalah mahasiswi [Prodi] Sejarah dan meninggal dunia Jumat lalu di indekosnya,” ujarnya, Senin (24/5/2021).

BACA JUGA: Pemkot Jogja: Permukiman Padat Jadi Penyebab Penyebaran Covid-19

Ia mengatakan berdasarkan informasi yang dia peroleh, PR meninggal dalam kondisi masih menggunakan headset yang terhubung ke laptop. Namun pihaknya belum dapat memastikan apakah hal tersebut ada kaitannya dengan kematian mahasiswinya tersebut. “Katanya memang masih pakai headset. Tapi kami juga tidak bisa memastikan apakah hal itu yang menyebabkan dia meninggal dunia,” kata Susanto.

Ia mengungkapkan PR sebenarnya tengah menyelesaikan skripsinya. PR ia kenal sebagai mahasiswa yang aktif kuliah maupun dalam berbagai kegiatan kampus. Bahkan ia pernah menjadi salah satu calon peserta sebuah penelitian sejarah tingkat ASEAN. “Mungkin dia kelelahan karena anaknya memang sangat aktif. Dia pernah ingin diterima dalam sebuah penelitian sejarah ASEAN dan saya pun memberikan rekomendasi untuknya karena saya tahu anaknya aktif sekali. Tapi penelitian itu tidak jadi karena pandemi Covid-19,” ujarnya.

Saat ini jenazah sudah diserahkan kepada orang tuanya di Magetan, Jawa Timur dan sudah dimakamkan. Prodi Sejarah FIB juga sudah menemui orang tuanya untuk menyampaikan tali asih, Senin (24/5/2021) mewakili Prodi dan segenap dosen Prodi.

BACA JUGA: Puluhan Warga Kembangan Kutu Bambanglipuro Positif Covid-19, Ini Sumber Penularannya

“Perwakilan Prodi hari ini [Senin] ke rumah orang tuanya di Magetan untuk memberikan tali asih dari Prodi. Sedangkan tali asih dari universitas masih dalam proses.”

Kepala Biro Humas UNS Deddy Whinata Kardiyanto mewakili Rektor UNS Jamal Wiwoho dan civitas academica UNS menyampaikan belasungkawa kepada keluarga PR. “Kami mewakili pimpinan kampus dan civitas academica mengucapkan belasungkawa sedalam-dalamnya atas meninggalnya salah satu mahasiswa kami. Semoga amal baik PR diterima di sisi-Nya,” ujar Deddy.

Sumber : JIBI/Solopos